Netizen Bongkar Jejak Digital Haikal Hassan Ajak Umat Islam Perang Opini di Medsos: Ini yang Nyiptain Buzzer..

Tim Editor

Haikal Hassan (Foto: YT Media Dakwah Tauhid)

ERA.id - Jejak digital Haikal Hassan yang pernah mengajak umat Islam untuk perang opini lewat media sosial (medsos) dibongkar salah satu netizen. Hal itu menyusul pernyataan mantan Wapres Jusuf Kalla yang menyebut bahwa buzzer adalah sumber kekacauan di Indonesia.

"Ini zaman di mana kita mesti ikut berperang dan berjuang dalam perang opini di sosial media. Itu ibadah antum," kata Haikal dalam potongan video ceramah yang diunggah akun Twitter @smile_guys. 

Menurut Haikal Hassan, saat ini bukan zaman normal melainkan zaman perang opini. Untuk itu, Haikal mengimbau agar umat Islam aktif melawan segala bentuk penyerangan opini di media sosial.

"(Misalnya) Saya nggak ikut-ikutan Facebook, Twitter, Istagram, nggak ikut-ikutanlah. Yeh, andai kata Rasulallah masih ada dan hidup di tengah-tengah kita, apa jadinya orang seperti antum ini. Orang yang lari dalam peperangan," kata Haikal.

Sekjen Habib Rizieq Shihab (HRS) Center itu mengatakan bahwa pada zaman Nabi Muhammad setiap orang punya andil dalam berperang. Bedanya, saat ini perang dilakukan di media sosial dan menggunakan smartphone.

"Medan perang opini itu bernama Facebook, medan perang Badar bernama Instagram, medan perang Khandak bernama Twitter, terjun di medan peperangan itu saudara, gunakan segala senjatamu saat ini. Itu umatnya Rasulullah di akhir zaman," ujar Haikal.

Netizen yang membagikan video Haikal Hassan itu lantas menyebut bahwa Haikal merupakan sosok yang menciptakan buzzer. Hal itu menanggapi tudingan salah satu netizen yang menyebut pemerintah memelihara buzzer.

"Ini Mbak Yg Nyiptain BUZZER Orang Nya, Sudah Pasti Kenal Kan....!!!!! Masak Segerbong Gak Kenal Seh 😁 Langsung Aja Mbak Ke Yg Bersangkutan Jgn Nanya Ke Pak @jokowi."

Dalam video lain, akun pengguna @arisuryo channel, juga sempat membagikan video yang memperlihatkan Haikal Hassan tengah beraktivitas menggunakan banyak ponsel.

Kemudian pria yang merekam video tersebut bertanya kepada Haikal. "Lagi ngapain tad? Banyak banget tad (handphonenya)."

"Ini ane kalo kerja tuh begini, ini semua kerjaan ane. Lagi kerja namanya. Kalo mau perang begini emang. Ini lagi perang begini emang. Udah ah, jadi viral lagi," jawab Haikal.

Belum diketahui, kapan kedua video tersebut diambil. Namun, netizen menduga apa yang dilakukan Haikal Hassan merupakan akyivitas buzzer.

"Ketahuan siapa yg buzzer," kata akun pengguna @arisuryochannel dengan menyematkan ikon tertawa.

Tag: viral media sosial buzzer haikal hassan buzzer rp Buzzer Jokowi buzzer sumber kekacauan perang media sosial

Bagikan: