Beredar Foto Mobil Dinas Baru Presiden, Harganya 12 M, Dibeli Tahun 2020 Saat Pandemi, Benarkah?

| 02 Aug 2021 12:35
Beredar Foto Mobil Dinas Baru Presiden, Harganya 12 M, Dibeli Tahun 2020 Saat Pandemi, Benarkah?
Hoaks mobil dinas baru Presiden Jokowi. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Beredar sebuah foto yang diklaim sebagai mobil dinas presiden yang baru. Mobil tersebut berharga sekitar Rp12 miliar dan dibeli pada 2020 di mana pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

Informasi itu salah satunya diunggah ke grup "JOKOWI PRESIDEN GAGAL" oleh akun Facebook bernama Brad Harris pada 26 Juli 2021, disertai narasi berikut:

"Katanya ini foto editan / hoax, bs jg bener hoax, tp mobil Mercy Pullman Guard S 600, dg harga berkisar 12 M ini bkn hoax."

"Ini mobil dinas presiden yg baru, yg katanya si presiden tersebut adalah presiden yg ngerakyat. Dibeli thn 2020 saat pandemi copid dimana banyak rakyat yg hidupnya pd susah."

Dilihat ERA.id, dalam foto yang diunggah akun Brad Harris tampak seorang pria mirip Presiden Jokowi sedang duduk di dalam mobil. Brad mengklaim bahwa Presiden membeli mobil dinas baru bermerek Mercy atau Mercedes-Benz Pullman Guard S600, seharga Rp12 M, dibeli tahun 2020 saat pandemi Covid-19 dan di tengah kondisi ekonomi rakyat yang tidak stabil. 

Namun, setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, informasi tersebut merupakan hoaks atau berita bohong. Faktanya, mobil dinas baru buatan Jerman dengan merek Mercedes-Benz S600 Guard telah dipesan sejak tahun 2019 dan tiba di Indonesia pada awal tahun yakni 08 Januari 2020 yang mana pandemi Covid-19 belum diumumkan WHO.

WHO sendiri baru resmi mengumumkan virus Corona sebagai pandemi global pada 11 Maret 2020, sedangkan pengumuman resmi virus Corona masuk Indonesia pada 2 Maret 2020.

Melansir dari Liputan6.com, Asisten Deputi Humas Kemensetneg Eddy Cahyono dalam siaran persnya, Jumat 23 Agustus 2019 menjelaskan bahwa sesuai anggaran 2019 Kemensetneg mobil VVIP Kepresidenan akan diganti dan mengadakan kendaraan Kepresidenan sebanyak dua unit, melalui Sistem Penunjukan Langsung.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memakai mobil Kepresidenan warisan Mantan Presiden SBY, yakni Mercedes-Benz Pullman Guard S600 yang telah berusia 10 tahun.

“Berdasarkan pertimbangan teknis, antara lain faktor keamanan, keandalan, dan efisiensi atas biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian, perlu dilakukan penggantian,” tambah Eddy.

Diketahui, Mercedes-Benz Guard S600 adalah versi terbaru, yang telah dilengkapi sistem keamanan tinggi, peralatan keamanan dan komunikasi yang canggih serta mampu menahan serangan peluru, bom dan granat.

Dilansir dari Kompas.com, Deputy Marketing Communication Mercedes-Benz Indonesia (MBI) Hari Arifianto, mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat memberikan informasi soal harga dikarenakan terkait kebijakan prisipal dan hubungan kenegaraan.

“Untuk harga kita tidak bisa sebutkan, ini ranahnya prinsipal serta hubungan kenegaraan. Tapi memang yang jelas dengan spesifikasi khusus maka biayanya tidak bisa disamakan dengan yang (S600)t reguler,” ujar Hari pada Kompas.com, Minggu (26/8/2019).

Adapun foto yang digunakan Bred Harris untuk mendukung klaimnya juga terbukti hoaks. Foto seorang yang mirip Presiden Jokowi tersebut telah diedit. Berikut ini adalah gambar aslinya sebelum diedit.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Bred Harris adalah hoaks dan termasuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

Rekomendasi