Angin Puting Beliung Landa Yogyakarta

| 24 Apr 2018 17:26
Angin Puting Beliung Landa Yogyakarta
Dampak kerusakan cuaca ekstrem (Istimewa)
Yogyakarta, era.id - Hujan deras disertai angin kencang atau angin puting beliung melanda sebagian wilayah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Atap-atap rumah warga dan pohon tumbang terkena angin puting beliung.

"Dampak hujan deras disertai angin kencang (cuaca ekstrem) di wilayah DIY, terjadi angin kencang sekitar pukul 14.00 WIB," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis yang diterima era.id, Senin (24/4/2018).

Menurut Sutopo, tim reaksi cepat BPBD daerah Yogyakarta telah melakukan pendataan dan evakuasi di daerah yang terdampak angin puting beliung. Sejumlah pohon tumbang dan memutus kabel-kabel sambungan listrik.

"Seorang dosen mengalami luka-luka setelah tertimpa dahan pohon yang terbawa angin puting beliung. Sejumlah atap rumah di perumahan Timoho Asri, Gondokusuman berterbangan terhempas angin," jelas Sutopo.

Angin puting beliung juga merusak rumah milik warga di Kabupaten Bantul. Kerusakan terparah terjadi di Desa Surowajan di mana 34 bangunan warga rusak terhempas angin puting beliung.

"Atap ruang Kelas A12 di Kampus STMIK Akakom Karang Jambe, Banguntapan Bantul juga mengalami kerusakan. Atap asbes yang berterbangan jatuh menimpa bangunan kelas lainnya," papar Sutopo.

Kini tim reaksi cepat BPBD Yogyakarta dan Bantul telah melakukan pendataan di sejumlah wilayah yang terdampak. Belum diketahui kerugian dari peristiwa itu.

Tags : cuaca ekstrem
Rekomendasi