Peserta SBMPTN Tahun Ini Bertambah 20.234

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini bertambah sebanyak 20.234 dari jumlah peserta pada tahun lalu. 

Ketua Panitia Pusat SBMPTN, Profesor Ravik Karsidik mengatakan, SBMPTN tahun ini diikuti 817.257 peserta sementara tahun lalu, 797.023. Rinciannya, 326.137 kelompok ujian saintek, 341.693 untuk kelompok ujian soshum, dan sebanyak 149.427 untuk kelompok ujian campuran.

Namun jumlah ini bisa saja meningkat, mengingat pendaftarannya baru akan ditutup nanti malam. Prodi yang ada di perguruan tinggi negeri (PTN) dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok saintek dan kelompok soshum.

"Bagi yang akan mendaftar, diminta segera mendaftar," kata Ravik seperti dilansir dari Antara, Jumat (27/4/2018).

SBMPTN 2018 merupakan seleksi berdasarkan hasil ujian tulis berbasis cetak (UTBC), ujian tulis berbasis komputer (UTBK), atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga prodi dengan ketentuan jika semua prodi yang dipilih dari kelompok saintek, peserta mengikuti kelompok ujian saintek.

Baca Juga : Ujian Nasional dengan Standar Soal Tingkat Tinggi

Jika prodi yang dipilih semuanya dari kelompok soshum, peserta mengikuti kelompok ujian soshum. Terakhir, jika prodi yang dipilih terdiri atas kelompok saintek dan soshum, peserta mengikuti kelompok ujian campuran.

Pelaksanaan ujian akan dilangsungkan pada 8 Mei 2018, sedangkan ujian keterampilan pada 9 dan/atau 11 Mei 2018.

Tag: ujian nasional

Bagikan: