Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal di Tangerang, Warga: Tapi Mainan Belum Buka

| 05 Oct 2021 20:36
Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal di Tangerang, Warga: Tapi Mainan Belum Buka
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Pandemi Covid-19 mengalami penurunan. Berbagai kelonggaran mobilitas masyarakat pun diterapkan. Seperti yang baru-baru ini, Pemerintah Pusat mengeluarkan kebijakan anak usia di bawah 12 diperbolehkan masuk dalam ke dalam pusat perbelanjaan.

Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2021 tentang perpanjangan PPKM yang dikeluarkan pada Senin, (4/10/2021) lalu. Dalam diktum kelima huruf g, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menetapkan bahwa anak berusia 12 tahun ke bawah boleh masuk mal di DKI Jakarta, Kota dan Kabupaten Tangerang, Bekasi, Bogor, Bandung, serta Kota Yogyakarta, Surabaya, Tangerang Selatan, dan Depok.

Suasana anak usia di bawah 12 tahun berkunjung ke pusat perbelanjaan terpantau di TangCity Mall. Nampak, mereka didampingi oleh orang tuanya.

"Per hari ini kita di TangCity sudah mengijinkan anak dibawah 12 tahun untuk masuk ke dalam mall sesuai ketentuan dari pemerintah," ujar Media Relatioan TangCity Mal, Intan Amalia, Selasa, (5/10/2021).

Dia mengatakan persyaratan untuk dapat berkunjung ke TangCity Mall yakni harus tervaksin serta mematuhi protokol kesehatan. Namun, lantaran hingga saat ini belum ada kebijakan anak usia 12 tahun untuk divaksin Covid-19 maka mereka hanya wajib memenuhi protokol kesehatan.

"Yang penting sudah divaksin (yang usia diatas 12 tahun). Prokes, pakai masker dan jaga jarak. Terus juga wajib cek suhu sebelum masuk mall," kata Intan.

TangCity Mall kata Intan pun menyambut baik kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah ini. Pasalnya, sudah banyak masyarakat yang bertanya terkait TangCity Mall yang dapat dikunjungi anak usia di bawah 12 tahun.

"Pasti kita sambut dengan baik ya, karena sudah sekian lama banyak masyarakat yang tanya kapan anak bisa masuk mall," katanya.

"Jadi akhirnya, setelah ada keputusan pemerintah anak bisa masuk kita sambut dengan baik," tambah Intan.

Untuk jam operasional tetap sama pada kebijakan sebelumnya yakni hingga pukul 21.00 WIB. "Sama semuanya, ikutin aturan," imbuhnya.

Pihaknya pun telah mempersiapkan banyak program dan kegiatan yang berkaitan dengan anak. Mulai dari karnival hingga fasilitas untuk menyambut anak berkunjung ke mall.

"Banyak sekali program untuk anak kayak karnival yang hadiahnya balon sampai Snack. Terus nanti ada robot untuk sambut anak," jelasnya.

Hal senada diungkapkan oleh salah satu pengunjung, Agnes. Dia mendapatkan informasi soal diperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun dari akun media sosial TangCity Mall.

"Seneng saya dan anak bisa ke mall, bosen juga di rumah. Saya kan biasanya gak bisa kemana mana, setelah tau dari official-nya langsung saya bawa anak ke mall," katanya.

Namun, dirinya masih belum puas. Lantaran, wanaha permainan belum ada yang dibuka. "Paling hanya belanja saja. Karena mainan anak masih tutup," pungkasnya.

Rekomendasi