Viral! Video yang Diklaim Pengawalan Presiden Jokowi di Prancis dengan Formasi Kawal V, Ternyata Itu Pengawalan Ratu Elizabeth II

| 03 Nov 2021 17:31
Viral! Video yang Diklaim Pengawalan Presiden Jokowi di Prancis dengan Formasi Kawal V, Ternyata Itu Pengawalan Ratu Elizabeth II
Hoaks pengawalan Presiden Jokowi di Prancis

ERA.id - Beredar sebuah video di media sosial yang diklaim merupakan pengawalan Presiden Jokowi saat di Prancis. Video itu dibagikan oleh akun Twitter bernama @fadyanova.

Dalam narasi postingannya, akun tersebut juga mengklaim bahwa formasi kala V (15 sepeda motor) merupakan pengawalan khusu bagu tamu negara yang dihormati.

NARASI: 

"Pengawalan presiden Jokowi di Perancis . Dengan formasi kawal V ( 15 sepeda motor ) oleh satuan Le Gendamerie , ini tradisi pengawalan khusus hanya untuk tamu negara yang sangat di hormati .

Bravo president Jokowi …….🇲🇨🇲🇨🇲🇨."

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, informasi tersebut merupakan klaim yang salah.

Faktanya itu merupakan video pengawalan kunjungan Ratu Elizabeth II ke Berlin (Jerman) pada tahun 2015 lalu.

Salah satu sumber yang sebelumnya membagikan pada 27 Juni 2015: "Hallo liebe Videofreunde, dies ist mal wieder ein Glücksfall. Nach einem Termin in Moabit beschlossen wir noch durch den englischen Garten die Siegessäule zu besuchen. Das hatten wir schon lange vor. Die Aussicht ist phantastisch. Auf einmal war viel Polizei vor Ort und der Verkehr stand. Wir dachten natürlich nicht an die Queen. Was wir sahen seht ihr im Film. Viel Spass Hans-Joachim."

Dengan demikian informasi yang beredar di media sosial terkait Jokowi dikawal saat di Prancis tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Rekomendasi