10 Fakta Ratu Elizabeth II yang Meninggal Pada Usia 96 Tahun

| 09 Sep 2022 16:25
10 Fakta Ratu Elizabeth II yang Meninggal Pada Usia 96 Tahun
Ratu Elizabeth II bersama suami (Pinterest)

ERA.id - Keluarga Kerajaan Inggris, pada Kamis 8 September 2022 mengumumkan kematian Ratu Elizabeth II pada usia 96 tahun.

Ratu Elizabeth II tahun 1926 (Pinterest)

Hal tersebut diketahui melalui, sebuah pernyataan dari Keluarga Kerajaan di Twitter yang menyatakan jika ratu yang dihormati itu meninggal dengan damai.

Namun tahukah Eramania, jika terdapat beberapa fakta soal Ratu Elizabeth II yang jarang diketahui, apa saja?

Fakta Ratu Elizabeth II

1. Elizabeth II Tidak Dilahirkan di Istana

Meskipun Elizabeth II adalah anak pertama dari Duke dan Duchess of York dan cucu tertua Raja George V, ia tidak dilahirkan di istana. Elizabeth II lahir di sebuah townhouse di London milik kakek dan nenek dari pihak ibu Skotlandia pada 21 April 1926.

2. Bersekolah di Rumah

Ratu Elizabeth II dididik di rumah bersama saudara satu-satunya Putri Margaret yang lahir pada tahun 1930. Kedua putri tersebut dididik di bawah pengawasan ibu dan pengasuh mereka, Marion Crawford. Mereka diajarkan pelajaran yang terkonsentrasi pada sejarah, bahasa, sastra, dan musik.

3. Berada di Kenya ketika Ayahnya Meninggal

Ratu Elizabeth II berada di Kenya bersama suaminya Pangeran Philip ketika ayahnya Raja George VI meninggal pada tahun 1952. Philip menyampaikan berita kematian Raja George VI kepada istrinya saat mereka sendirian selama perjalanan ke Kenya.

4. Menjadi Ratu pada Usia 25

Ratu Elizabeth II ketika muda (Pinterest)

Ayahnya raja George VI meninggal pada usia 56 pada tanggal 6 Februari 1952, ketika Elizabeth mengunjungi Kenya dengan suaminya, Pangeran Philip. Ratu Elizabeth II dimahkotai di Westminster Abbey di pusat kota London pada 2 Juni 1953.

5. Pemimpin Negara Persemakmuran

Elizabeth II menjadi kepala tujuh negara Persemakmuran independen setelah penobatannya. Ia yang berusia 25 tahun menjadi ratu dari tujuh negara Persemakmuran yang merdeka. Negara-negara tersebut adalah Inggris Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan, dan Ceylon (sekarang dikenal sebagai Sri Lanka), serta Kepala Persemakmuran.

6. Raja Inggris Pertama yang Mengunjungi Republik Irlandia

Ratu Elizabeth II mengunjungi Republik Irlandia pada tahun 2011, yang membuatnya menjadikannya raja Inggris pertama yang mengunjungi negara itu sejak kemerdekaan pada tahun 1922.

7. Melakukan Tur ke Setiap Wilayah Inggris

Ratu Elizabeth II melakukan tur ke setiap wilayah Inggris menjelang pesta empat hari pada bulan Juni untuk menandai Yobel, sementara bangsawan lainnya melakukan kunjungan ke seluruh Persemakmuran.

8. Kepala dari 54 Negara Persemakmuran

Persemakmuran terdiri dari 54 negara dan Ratu Elizabeth II adalah kepala negara-negara tersebut sebelum kematiannya. Ayahnya, Raja George VI, adalah raja pertama yang secara resmi disebut sebagai Kepala Persemakmuran.

9. Paling Sering Bepergian dalam sejarah

Ratu Elizabeth II memegang rekor mengunjungi negara-negara di dunia. Dia mengunjungi lebih dari 120 negara di enam benua. Kanada adalah negara yang dia kunjungi lebih dari negara lain manapun di luar Inggris.

10. Ratu Inggris Terlama

Pemerintahan Ratu Elizabeth II selama 70 tahun dan tujuh bulan adalah yang terlama dari raja Inggris manapun.

Selain fakta Ratu Elizabeth II, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi