SBY Berobat Kanker Prostat di AS, AHY dan Keluarga Malah Asyik Liburan Sambil Selfie, Benarkah?

| 08 Nov 2021 15:20
SBY Berobat Kanker Prostat di AS, AHY dan Keluarga Malah Asyik Liburan Sambil Selfie, Benarkah?
AHY berselfie bersama istri dan anaknya. (Instagram/Annisa Pohan)

ERA.id - Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sedang berwisata saat ayahnya yakni mantan Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY) sedang berobat kanker prostat di Amerika Serikat (AS).

Informasi itu dibagikan oleh akun Twitter Nila Murti Tanjung @nila_mrt yang mengunggah foto AHY bersama istri, Annisa Pohan beserta anaknya dengan narasi bahwa keluarga tersebut memanfaatkan kondisi saat Presiden ke-6 RI Susilo SBY tengah menjalani pengobatan kanker prostat di Amerika Serikat saat ini. 

Cuitan tersebut mendapat atensi berupa 178 retweet, 699 suka, dan 336 balasan.

Narasi:

"Ini bukan contoh yg baik bagi kita. Kita rakyat se Indonesia mendoakan Bapak mantan yg sedang mengidap cancer prostat berobat ke Amerika, yg ini ikut rombongan, bukannya prihatin la kok malah di manfaatkan utk berwisata sambil selfie-selfiean. Mentang 2 di beayai negara. 😭."

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, foto cuitan itu adalah foto yang pernah diunggah Annisa Pohan melalui akun Instagram pribadinya (@annisayudhoyono) pada 31 Maret 2018. 

Dalam unggahannya itu, Annisa menyebut bahwa seusai liburan singkat bersama keluarga kecilnya di Hong Kong, sang suami, Agus Yudhoyono segera terbang menuju Jawa Timur untuk perjalanan dinas. 

Cerita Annisa Pohan tersebut kemudian menjadi sorotan media yang salah satunya ditulis oleh Tribunnews dalam artikel berjudul “Pulang dari Hong Kong, AHY Langsung Kunjungi Jawa Timur, Annisa Pohan Bocorkan Kejadian di Bandara” terbit pada 31 Maret 2018.

Mengenai kabar perawatan kanker prostat SBY di Amerika Serikat, hal tersebut telah dibenarkan oleh Syarief Hasan, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat. Syarief mengatakan, SBY akan menjalani pengobatan di Mayo Clinic dengan ditemani oleh keluarganya.

“Beliau akan melakukan perawatan kesehatan sekaligus pengecekan kesehatan di US. Rencananya mau berangkat hari ini. Di US, di Mayo ya, di dekat Minneapolis ya. Dari Minneapolis itu 1,5 jam lagi di Mayo. Itu khusus untuk cancer. (Ditemani) anak-keluarganya, keluarga-keluarganya, anak-anaknya juga ikut berangkat,” jelas Syarief, di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (2/11/2021).

Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Nila Murti Tanjung dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

Rekomendasi