Tiba di Amerika Serikat untuk Pengobatan Kanker Prostat, Bagaimana Kondisi Medis SBY?

| 05 Nov 2021 12:50
Tiba di Amerika Serikat untuk Pengobatan Kanker Prostat, Bagaimana Kondisi Medis SBY?
Susilo Bambang Yudhoyono (Anto/era.id)

ERA.id - Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan dalam kondisi baik sejak tiba di Amerika Serikat pada Kamis (4/11). SBY rencananya akan menjalani pengobatan setelah didiagnosis mengidap kanker prostat, di salah satu rumah sakit di Amerika Serikta.

"Alhamdulillah, kondisi Bapak SBY saat ini dalam keadaan baik. Terima kasih untuk doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia," ujar Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangan tertulis, Jumat (5/11/2021).

Herzaky mengatakan, SBY sempat bermalam sebentar setibanya di Amerika Serikat. Setelah itu perjalanan kembali dilanjutkan ke kota tempat rumah sakit yang dituju berada.

Terkait dengan perkembangan medis, Herzaky tak merincinya. Dia mengatakan, informasi mengenai hal tersebut akan disampaikan secepatnya.

"Kita menunggu update lebih lanjut. Karena menyangkut tindakan kesehatan, tentu informasi tersebut tidak bisa disampaikan secara sembarangan atau terbuka karena menyangkut etika kesehatan. Jika sudah ada update, pasti akan di-update," katanya.

Lebih lanjut, Herzaky mengatakan, alasan SBY memilih melakukan pengobatan di Amerika Serikat karena dinilai memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat. Selain itu, pihak keluarga juga menginginkan SBY mendapatkan pengobatan terbaik.

"Pihak keluarga tentunya mengusahakan yang terbaik untuk Bapak SBY," kata Herzaky.

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di Amerika Serikat yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," imbuhnya.

Sebelumnya, staf pribadi Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Ossy Dermawan, menginformasikan SBY akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh (medical check up) dan pengobatan di luar negeri setelah didiagnosis mengidap kanker prostat oleh tim dokter.

Ossy menyatakan dari hasil pemeriksaan, baik melalui metode magnetic resonance imaging (MRI), biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, maupun pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, Ossy mengatakan bahwa telah diputuskan medical treatment akan dijalani oleh SBY di sebuah rumah sakit luar negeri.

Rekomendasi