SBY Selesai Jalani Operasi Kanker Prostat, Ibas: Alhamdulillah Lancar, Tak Ada Komplikasi

| 12 Nov 2021 10:30
SBY Selesai Jalani Operasi Kanker Prostat, Ibas: Alhamdulillah Lancar, Tak Ada Komplikasi
SBY saat akan menjalani operasi di AS (Tangkapan layar Youtube AHY)

ERA.id - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono telah selesai menjalani operasi kanker prostat yang dideritanya. Operasi dilakukan di RS Mayo Clinik, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat.

SBY pun tak sendirian, kedua putranya yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhonono atau Ibas ikut beserta keluarga masing-masing, ikut mendampingi SBY di rumah sakit.

"Paling lambat 7:45 akan segera dilakukan tindakan. Jadi kita akan menunggu perkembangannya melalui teks yang akan dikirim ke tim dokter ataupun mas Ibas. Mudah-mudahan berjalan lancar, diberikan kekuatan untuk bapak termasuk tim dokter semuanya diberikan kemudahan, kelancaran, sehingga hasilnya terbaik dan benar-benar bisa menghilangkan segela penyakit," ujar AHY` dikutip dari video yang diunggah di kanal YouTube AHY, Jumat (12/11/2021).

Dalam video unggahan tersebut, setelah menunggu lalu Ibas mengabarkan bahwa operasi yang dijalani SBY telah selesai dan berjalan dengan lancar tanpa ada komplikasi. SBY selesai menjalani operasi sekitar pukul 10:00 waktu setempat

"Alhamdulillah lancar semuanya, everything goes well, nggak ada komplikasi, nggak ada apa-apa. Tinggal menunggu," kata Ibas.

Ucapan syukur atas lancarnya operasi yang dijalani SBY juga keluar terucap dari AHY maupun Anissa Pohan yang ikut mendampingi.

Kemudian pada pukul 12:00 waktu setempat, SBY dibawa dati ruang operasi ke ruang perawatan operasi di RS Marys Mayo Clinic.

Sebelumnya, staf pribadi Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Ossy Dermawan, menginformasikan SBY akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh (medical check up) dan pengobatan di luar negeri setelah didiagnosis mengidap kanker prostat oleh tim dokter.

Ossy menyatakan dari hasil pemeriksaan, baik melalui metode magnetic resonance imaging (MRI), biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, maupun pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, Ossy mengatakan bahwa telah diputuskan medical treatment akan dijalani oleh SBY di sebuah rumah sakit luar negeri.

Rekomendasi