Beredar Poster Deklarasi Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai Pasangan Capres dan Cawapres 2024, Benarkah?

Tim Editor

Hoaks poster deklarasi Anies dan Ganjar untuk capres dan cawapres

ERA.id - Beredar sebuah poster di media sosial yang memuat informasi berisi deklarasi Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai pasangan capres dan cawapres 2024.

Kabar itu diunggah oleh akun Facebook bernama Alan Abdollah dengan memuat poster yang berisi foto Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo secara berdampingan dan diklaim merupakan poster acara deklarasi untuk Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029. 

Dalam poster tersebut tercantum juga beberapa logo Partai Politik seperti, PAN, Demokrat, Nasdem, PKS, PPP, dan PKB dan dilangsungkan pada Minggu, 7 November 2021 di JIEXPO Kemayoran.

Berdasarkan penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, Waketum bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengklarifikasi bahwa poster tersebut hoaks dan memastikan deklarasi itu tidak ada. Ia pun menekankan hingga saat ini, PKB tegas mengusung Ketum Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi capres di 2024.

"Itu hoaks, kalau PKB pasti ada arahan dari Gus Muhaimin. Sampai saat ini jajaran PKB solid mengusung Gus Muhaimin," kata Jazilul saat dihubungi, Minggu (7/11).

Senada dengan PKB, PAN juga menyebut poster itu hoaks. Waketum PAN Viva Yoga mengatakan pihaknya tidak merasa terlibat.

“Itu hoaks 100%,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bappilu Demokrat Andi Arief mengatakan tak pernah mendengar rencana deklarasi tersebut. Ia pun menegaskan Partai Demokrat belum bicara pilpres.

“Wah baru tahu. Demokrat belum bicara pilpres. Masih konsolidasi,” kata Andi.

Tag: berita hoaks ganjar pranowo cek fakta capres 2024 pilpres 2024 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Bagikan: