Video Jokowi Disambut Meriah para Pemimpin Dunia Ternyata Hoaks, Faktanya Itu Video Penyambutan Saat di Australia

| 11 Nov 2021 09:35
Video Jokowi Disambut Meriah para Pemimpin Dunia Ternyata Hoaks, Faktanya Itu Video Penyambutan Saat di Australia
Ilustrasi-Presiden Joko Widodo sampaikan pidato di Parlemen Australia, Canberra, Senin (10/2/2020). (Foto: Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)

ERA.id - Beredar video di media sosial TikTok yang diklaim sebagai penyambutan meriah seluruh pemimpin terhadap Presiden Jokowi.

Video itu diunggah oleh akun bernama @iwansaputra0101 dan disukai sebanyak 104.5 ribu kali dan dikomentari sebanyak 7.608 kali.

Dilihat ERA.id, dalam video tersebut tampak Presiden Jokowi sedang menghadiri sebuah acara dan disambut meriah oleh seluruh hadirin yang ada pada pertemuan tersebut. Video itu beredar dengan klaim bahwa Presiden Jokowi disambut meriah oleh seluruh pimpinan dunia.

Narasi:

"SAMBUTAN SELURUH PEMIMPIN DUNIA."

"Siapa yg tdk bangga punya bapak presiden Joko Widodo yg bgtu meriah disambut."

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, klaim tersebut salah. Faktanya, dilansir dari kompas.com, video tersebut merupakan momen saat Presiden Jokowi mendapatkan sambutan meriah dihadapan Anggota Parlemen Australia di Canberra pada 10 Februari 2020 lalu.

Presiden Jokowi mendapat sambutan meriah saat akan menyampaikan pidato mengenai hubungan Indonesia dengan Australia yang makin erat, hingga menjelang kemitraan satu abad Indonesia-Australia.

Video asli momen Presiden Jokowi di Parlemen Australia diunggah di YouTube Sekretariat Presiden pada 11 Februari 2020 dengan tajuk “Pidato Presiden RI di Hadapan Anggota Parlemen Australian, Canberra, 10 Februari 2020”.

Dengan demikian, klaim bahwa Presiden Jokowi disambut meriah oleh seluruh pimpinan dunia adalah hoaks dengan kategori konteks yang salah.

Rekomendasi