Tak Mau Kalah dengan Jokowi, Anies Test Drive di Sirkuit Monas, Tapi Endingnya Malah Jatoh, Benarkah?

| 19 Nov 2021 13:05
Tak Mau Kalah dengan Jokowi, Anies Test Drive di Sirkuit Monas, Tapi Endingnya Malah Jatoh, Benarkah?
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mencoba kendaraan operasional yang digunakan Asian Games di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu (8/08/2018). Susylo Asmalyah/Antara

ERA.id - Beredar informasi berupa video yang diklaim bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menaiki motor gede. Narasi dalam video yang diungggah akun Facebook Pamela Safitri itu menyebut bahwa Anies sedang tes drive di Sirkuit Monas.

Postingan Pamela beredar seiring dengan pemberitaan Presiden Jokowi mengendarai motor kustom Kawasaki untuk menjajal lintasan Sirkuit Mandalika, di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pamela mengklaim bahwa Anies Baswedan tidak mau kalah dengan Presiden Jokowi sehingga mencoba mengendarai motor moge di Sirkuit Monas.

NARASI:

"Gottbener Ga Mau Kalah dengan Presiden Joko Widodo !! Pasang aksi Berlaga Prof Naek Moge !IBoro Boro bisa finish Jajal Lintasan Tempat Suci Kaumya disepanjang jalan bundaran Monas!! Satu Kali Gass!! GASS POOL Rem Blong Auto Tepar!!

Ne orang mau ngapain aja ga pernah bawa berkah kalau ga bikin masalah ya bawa musibah”

“Anies Juga ga kalah Tes Drive Sirkuit Monas

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, faktanya informasi tersebut merupakan hoaks. 

Video yang diposting oleh Pamela Safitri tersebut adalah video dari tahun 2018. Dilansir dari channel Youtube Tribunnews, saat itu Anies sedang menjajal motor gede Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta pada Agustus 2018.

Acara itu dalam rangka persiapan Asian Games 2018 yang diadakan di Jakarta-Palembang. Gubernur DKI Jakarta tersebut bertindak sebagai pembina apel kesiapan sarana dan prasarana transportasi Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Saat mencoba motor moge, terlihat Anies sempat jatuh namun segera ditolong oleh para kru di dekatnya.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Pamela Safitri adalah hoaks dan termasuk kategori Satire.

Rekomendasi