Viral! Video Jokowi Tunjuk Ahok sebagai PLT Gubernur DKI Jakarta Gantikan Anies, Benarkah?

| 22 Nov 2021 11:45
Viral! Video Jokowi Tunjuk Ahok sebagai PLT Gubernur DKI Jakarta Gantikan Anies, Benarkah?
Dokumentasi-Ahok bersama Anies saling berjabat tangan usai melakukan pertemuan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (20/4/2017). (Foto: Antara)

ERA.id - Beredar sebuah kabar yang menyebut bahwa Presiden Jokowi menunjuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai PLT Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan.

Informasi itu pertama kali diunggah oleh akun YouTube RODA POLITIK pada 28 Oktober 2021. Video yang diunggah akun tersebut berjudul "Dipilih Langsung Oleh Jokowi !! Ahok Resmi Jadi PLT Gubernur DKI". 

Video ini menampilkan hasil wawancara Presiden Joko Widodo yang membicarakan terkait calon gubernur ibu kota. Akun Youtube RODA POLITIK ini berhasil mendapatkan sebanyak 10 ribu lebih penonton dan komentar dari masyarakat.

Namun setelah dilakukan penelusuran terkait kebenaran klaim dalam judul yang ditampilkan, dilansir laman turnbackhoax.id, ternyata ditemukan adanya kekeliruan. Presiden Jokowi ternyata tidak pernah menunjuk Ahok menjadi gubernur PLT DKI Jakarta.

Walaupun ada menyebutkan nama Ahok sebagai gubernur, ternyata hasil wawancara ini bukan membahas tentang PLT Gubernur DKI Jakarta, namun membahas tentang calon kepala otoritas ibukota negara baru.

"Untuk Badan Otoritas Ibu Kota Negara, ini memang kami akan segara tandatangani perpres di mana nanti ada CEO-nya. Sampai sekarang belum diputuskan. Akan diputuskan dalam minggu ini," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Melansir dari media Tribun Banjarmasin Post, dalam wawancara yang dilakukan pada Maret 2020 tersebut, Jokowi memberikan 4 nama yang akan menduduki jabatan kepala otoritas ibukota negara baru di Kalimantan. Nama-nama tersebut yaitu:

1. Basuki Tjahaja Purnama

2. Azwar Anas

3. Bambang Brodjonegoro

4. Tumiyana

Di dalam video juga tidak ada memperlihatkan pernyataan resmi dari pihak manapun terkait PLT Gubernur DKI Jakarta. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa video dengan judul yang mengklaim Ahok telah ditunjuk sebagai Gubernur PLT DKI Jakarta merupakan informasi hoaks kategori manipulated content atau konten tang dimanipulasi.

Rekomendasi