Susi Pudjiastuti Sarankan PNS Direstrukturisasi dan Gaji Dinaikkan 4 Kali Lipat: Dulu Pak Jokowi Beri Nama 'Susinisasi'

| 22 Nov 2021 18:35
Susi Pudjiastuti Sarankan PNS Direstrukturisasi dan Gaji Dinaikkan 4 Kali Lipat: Dulu Pak Jokowi Beri Nama 'Susinisasi'
Susi Pudjiastuti (Twitter)

ERA.id - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyarankan agar pegawai negeri sipil (PNS) direstrukturisasi.

Setelah itu, gajinya bisa dinaikkan tiga sampai empat kali lipat agar tak korupsi. Susi mengatakan bahwa terkait restrukturasi, industri perbankan sudah melakukannya. Tiap departemen bisa memotong 30 persen pegawainya dalam dua tahun.

Pola tersebut dilakukan bertahap hingga pada ujungnya hanya merekrut 10 persen untuk mereka yang cerdas. Tahun ketiga tetap lakukan hal yang sama.

“Dalam enam tahun, PNS ada sisa 40 persen jumlah PNS dan 30 persen yang hebat,” katanya lewat Twitter, Senin (22/11/2021).

Susi menjelaskan, bahwa kualitas sumber daya manusia PNS dengan jumlah 40 persen dari total saat ini sudah lebih dari cukup. Setelah itu, beri mereka gaji yang cukup dan pantas sebagai apresiasi atas kualitas mereka.

“Dengan jumlah 40 persen dari sekarang, bisa diberikan gaji tiga sampai dengan empat kalinya supaya tidak korupsi,” katanya.

Ia juga membalas komentar warganet yang menganggapnya hanya lulusan SMP.

"Walau lulusan SMP sy presentasikan restrukturisasi ini di rapat kabinet. Pak Presiden & Pak Wapres memberi nama "susinisasi"," balasnya.

Rekomendasi