Para Ahli Temukan Jawaban Misteri MH370

Tim Editor

Ilustrasi (Twitter @markoftec)

New York, era.id - Misteri hilangnya penerbangan MH370 menemui titik terang. Para ahli penerbangan mengatakan, 239 penumpang dan awak disinyalir merupakan korban dari tindakan kejahatan yang sengaja dilakukan kapten pesawat.

Sejak hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 2014 silam, nasib Boeing 777 memang membingungkan para penyelidik. Tapi kini para ahli akhirnya menemukan jawaban.

Dalam sebuah program televisi Australia, 60 Minutes para ahli mengatakan, bukti menunjukkan Kapten Zaharie Amad Shah mengeksekusi serangkaian manuver untuk menghindari deteksi dan memastikan pesawat menghilang di lokasi terpencil.

Larry Vance, mantan Investigator Senior Dewan Keselamatan Transportasi Kanada mengatakan dalam acara tersebut, dia yakin mengetahui apa yang terjadi pada pesawat.

"Saya pikir masyarakat umum dapat merasa nyaman dengan fakta bahwa ada konsensus yang berkembang di saat-saat akhir pesawat," katanya.

"Sangat disayangkan, dia (Zaharie) juga membunuh semua orang di pesawat dan dia melakukannya secara sengaja. Dia membawa pesawat itu ke sebuah tujuan awal, tempat yang telah direncanakannya dan dia terbang selama 6 jam untuk mencapainya," lanjut Vance.

Baca Juga : Penumpang Citilink Diminta Turun dari Pesawat di Kualanamu

Panel yang juga terdiri dari ahli keselamatan penerbangan terkenal, Kapten John Cox dan Martin Dolan--Komisaris Utama Biro Keselamatan Transportasi Australia ketika MH370 lenyap--akan mempertanyakan kemungkinan hilangnya MH370 merupakan tindakan pembunuhan disengaja yang dilakukan Zaharie.

Selain Vance, banyak ahli penerbangan lain juga meyakini Zaharie bertanggung jawab atas insiden itu. Pada 2016 Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull bahkan juga mengatakan sangat mungkin Zaharie merencanakan peristiwa mengejutkan ini.

"Pesawat mungkin mengalami pengurangan tekanan, orang-orang tewas akibat sesak napas, ini pembunuhan yang direncanakan. Ini sungguh direncanakan. Jenazah korban tidak pernah ditemukan," ungkapnya.

Sampai saat ini pemerintah Malaysia masih bungkam soal dugaan keterlibatan Zaharie. Sementara upaya pencarian MH370 rencananya akan diakhiri pada pertengahan Juni mendatang. 

Baca Juga : Pesawat Lion Air Tergelincir di Gorontalo

Tag: kecelakaan infrastruktur

Bagikan: