Pemerintah Malaysia Janji Pencarian MH370 Bisa Dilanjutkan

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Kuala Lumpur, era.id - Pencarian pesawat Malayisa Airlines MH370 telah diakhiri pada 29 Mei 2018. Pemerintah Malaysia akan segera menyampaikan hasil laporan tentang pencarian MH370.

MH370 yang membawa 239 orang, hilang secara misterius saat terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, China pada 8 Maret 2014. Hilangnya MH370 menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia. 

"Kita telah sampai pada tahap di mana kita tidak bisa terus mencari hal yang tidak bisa kita temukan," ucap Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad dalam konferensi pers terbaru seperti dilansir Antara, Rabu (30/5).

Baca Juga: Para Ahli Temukan Jawaban Misteri MH370

Kendati demikian, Mahathir menyatakan akan adanya kemungkinan untuk melanjutkan kembali misi pencarian MH370, jika ada petunjuk baru. "Jika kita menemukan informasi baru, kita mungkin melanjutkan pencarian," sambungnya.



Dalam pernyataan terpisah, Menteri Transportasi Anthony Loke mengungkapkan bahwa misi pencarian yang dilakukan Ocean Infinity menghabiskan biaya 500 juta ringgit (Rp 1,7 triliun). 

Diungkapkan Loke bahwa laporan menyeluruh atas tragedi MH370 akan dirilis pada Juli mendatang. Seluruh data dan informasi akan diungkap ke publik dan para keluarga korban akan diberi akses penuh atas laporan itu.

"Saya bisa jamin Anda bahwa laporan akhir dan lengkap akan dipublikasikan. Tak akan ada yang disembunyikan," kata dia Senin malam.

Baca Juga: Malaysia Hentikan Pencarian Pesawat MH370

Supaya kalian tahu, misi pencarian MH370 telah dilakukan secara gabungan Australia, China dan Malaysia namun tidak membuahkan hasil. Misi gabungan itu diakhiri tahun lalu setelah memakan dana hingga AUS$ 200 juta (Rp 2 triliun) dan melingkupi zona pencarian seluas 120.000 kilometer persegi di Samudera Hindia. 

Sejumlah puing pesawat yang ditemukan di pulau-pulau Samudra Hindia dan sepanjang pantai timur Afrika juga tiga potongan sayap pesawat telah dikonfirmasi berasal dari pesawat Boeing 777 yang merupakan jenis MH370 yang hilang. Para penyidik menyatakan 'hampir pasti' sejumlah puing lainnya, termasuk sejumlah puing dari interior kabin pesawat, juga berasal dari MH370.

Tag: malaysia parlemen malaysia

Bagikan: