Heboh 1,4 Juta Warga China Ikut Tes CPNS, 'Padahal Rakyat Indonesia Banyak yang Nganggur', Cek Faktanya..

| 03 Dec 2021 13:12
Heboh 1,4 Juta Warga China Ikut Tes CPNS, 'Padahal Rakyat Indonesia Banyak yang Nganggur', Cek Faktanya..
Peserta CPNS tengah melaksanakan ujian (Antara)

ERA.id - Beredar informasi yang menyebut bahwa sebanyak 1,4 juta warga China mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Informasi itu beredar lewat pesan berantai WhatsApp disertai sebuah link berita.

NARASI:

"Astagfirullah warga china dikasih kesempatan utk jadi PNS, padahal rakyat Indonesia sendiri masih banyak nganggur ! Yaa Allah cabutlah dan runtuhkanlah segera rezim ini".

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, faktanya informasi tersebut merupakan hoaks dan termasuk konteks yang salah yakni ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

Sumber tersebut membagikan artikel "1,4 Juta Warga China Ikut Tes PNS 2021, Persaingan Superketat" dengan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menimbulkan kesimpulan yang SALAH.

Sedangkan dilihat dari sumber foto yang merupakan konteks aslinya dari berita Reuters tentang Pencari kerja memadati bursa kerja di Liberation Square di Shijiazhuang, provinsi Hebei, Cina 25 Februari 2018. Gambar diambil 25 Februari 2018.

Sementara itu, artikel yang dibagikan, jpnn.com: "jpnn.com, BEIJING – Sekitar 1,42 juta warga China bersaing ketat memperebutkan 31.200 posisi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) setempat untuk formasi tahun 2021.”

Rekomendasi