Kabar Duka Salah Satu Personel Wali Band Meninggal Dunia, Cek Faktanya

Tim Editor

Wali Band. (Instagram/Wali Band Official)

ERA.id - Beredar kabar yang menyebut bahwa salah satu personel Wali Band meninggal dunia. 

Informasi itu diketahui dari laman www.waktua.my.id yang mengunggah artikel dengan judul "Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya 😭 Salah Satu Personil Wali Band, InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі ……." 

Dilihat dalam artikel tersebut terdapat cuplikan foto rongsokan mobil yang diklaim milik salah satu personel Wali Band.

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, diketahui bahwa klaim artikel tersebut tidak benar. Mengacu kepada akun milik Wali Band @bandwaliofficial tidak ada informasi yang menyatakan bahwa ada personel band tersebut yang meninggal dunia. 

Adapun, di akun tersebut juga terdapat sejumlah postingan promosi kegiatan dari Wali Band.

Isi artikel dalam portal itu mengambil cuplikan berita berjudul “Innalilahi.. Yuni Sarah Tewas Terseret Truk Tangki Minyak” yang tayang di Sindonews.com pada 12 Oktober 2016. 

Selain itu, artikel itu kerap didaur ulang dalam beberapa hoaks artis meninggal lainnya yang sudah diperiksa faktanya dalam artikel berjudul “[SALAH] Artikel “Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Akang Sulle.”

Peristiwa kecelakaan sosok gadis bernama Yuni Sarah itu juga kerap digunakan dalam isu hoaks artis meninggal lainnya dan sudah diperiksa faktanya dalam artikel berjudul “[SALAH] Artis Yuni Shara Meninggal.”

Untuk foto yang terdapat dalam artikel di portal waktual[dot]my[dot]id diketahui berasal dari peristiwa kecelakaan mobil Lamborghini di Thailand pada Juni 2014. Hal itu diketahui dari artikel berjudul “Ngebut Saat Hujan, Lamborghini Gallardo Ini Terbelah Dua” di liputan6.com yang tayang pada 26 Juni 2016.

Berdasarkan penjelasan itu, maka konten artikel di www[dot]waktual[dot]my[dot]id masuk ke dalam kategori Konten yang Menyesatkan.

Tag: berita hoaks cek fakta Wali Band

Bagikan: