Viral Pilar Kereta Cepat Jakarta Bandung Dibongkar Karena Salah Koordinat, KCIC: Tidak Sesuai Spesifikasi

| 09 Dec 2021 13:42
Viral Pilar Kereta Cepat Jakarta Bandung Dibongkar Karena Salah Koordinat, KCIC: Tidak Sesuai Spesifikasi
Ilustrasi (Dok. KCIC)

ERA.id - Sebuah video berdurasi 30 detik ramai diperbincangkan netizen di media sosial Twitter pada Rabu sore (8/12).

Video tersebut memperlihatkan sebuah pilar alias pier dari proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang tengah dibongkar.

Video yang diupload akun Twitter @AlburhanCenter tersebut memperlihatkan prosesi pembongkaran salah satu infrastruktur yang belum selesai dibangun.

Akun Twitter @AlburhanCenter menyebutkan, pembongkaran tiang pancang yang terlihat di dalam video tersebut adalah proyek yang dijalankan PT Kereta Cepat Indo-China (KCIC).

"Konon katanya salah koordinat. Entah ada berapa titik Pier (tiang pancang) yang dibongkar. Kerjaan triliunan. Prestasi luar biasa," tulis akun Twitter @AlburhanCenter yang dikutip Rabu malam (8/12).

Sementara itu, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membenarkan kejadian itu. Penyebabnhya adalah adanya ketidaksempurnaan konstrusi pilar sehingga langsung dibongkar untuk dibuat baru.

Perusahaan meminta untuk dilakukan rework dan membongkarnya agar dibangun kembali sesuai spesifikasi teknis yang sudah ditetapkan.

Adapun SOP engineering terkait dengan pembongkaran pier untuk rework sudah ditetapkan termasuk aspek keselamatan kontruksinya.

"Kami telah memanggil, melakukan investigasi dan memberikan teguran langsung kepada kontraktor terkait, agar kejadian serupa tidak terulang," kata Dwiyana dalam keterangan tertulis, Kamis (9/12/2021)

Jadi, pembongkaran tersebut bukan karena salah koordinat, tapi demi keselamatan konstruksi dan sudah sesuai SOP pembangunan.

Rekomendasi