Prediksi Pekan Kemacetan Saat Ramadan

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Polda Metro Jaya sudah memprediksi arus lalu lintas selama bulan Ramadan. Dari prediksi itu, Polda Metro Jaya memiliki sejumlah rekayasa lalu lintas yang disiapkan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, akan ada penambahan personel hingga 20 persen untuk antisipasi arus lalu lintas saat Ramadhan. Ia akan perkuat personel di siang dan sore hari.

"Kita sesuaikan dengan kondisi lalin di lapangan," ujar Yusuf saat dikonfirmasi, Kamis (17/5/2018).

Dia menerangkan, pada pekan pertama, biasanya arus lalu lintas tidak akan terlalu macet. Kata dia, masyarakat lebih memilih ritual Ramadan, seperti buka puasa, sahur, dan shalat tarawih di rumah.

Sedangkan, pada pekan kedua, dia memprediksi, arus lalu lintas akan ramai di sekitar perkantoran. Karena biasanya ada acara buka puasa bersama antara rekan kerja. Kemacetan, kata dia, juga akan terjadi di kawasan bisnis kuliner tempat orang-orang melakukan buka puasa bersama. 

Kemudian pada pekan ketiga, keramaian akan terjadi pada pusat perbelanjaan. Kemacetan terjadi karena orang-orang mulai belanja untuk kebutuhan perayaan Lebaran.

Sedangkan, pada pekan keempat atau pekan terakhir Ramadan, arus lalu lintas mulai lengang. Tapi, penumpukan lalu lintas terjadi di titik kumpul mudik, seperti stasiun, terminal atau bandara.

Tag: eramadan lalu lintas kemacetan

Bagikan: