Warga DKI Bingung dengan Hasil Kinerja Anies Baswedan yang Selalu Dapat Penghargaan, Benarkah?

Tim Editor

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Tangkapan layar artikel berlogo Kompas.com dengan judul “warga DKI bingung dengan hasil kinerja Anies Baswedan yang selalu dapat penghargaan” beredar di media sosial.

Artikel tersebut diunggah oleh akun Facebook Sandro Novan pada tanggal 26 November 2021 lalu.

Dikutip dari situs Cekfakta.com, setelah ditelusuri ke situs berita Kompas tidak ditemukan artikel dengan judul tersebut.  

Cek Fakta

Penelusuran dengan menggunakan tanggal pengunggahan artikel yaitu 25 November 2021 pukul 11.01 WIB, ditemukan artikel berjudul “Warga Keluhkan Kondisi Jalan di Lebak Bulus Rusak karena Sumur Resapan”.


Menurut Cek Fakta, jika dibandingkan foto pada artikel Kompas.com dengan foto unggahan akun Sandro Novan terdapat kesamaan yaitu foto sebuah jalan.

Menurut keterangan pada artikel, foto jalan tersebut merupakan foto permukaan aspal di sepanjang Jalan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel Kompas.com pada unggahan akun Sandro Novan telah disunting pada bagian judul.

Artikel yang asli berjudul “Warga Keluhkan Kondisi Jalan di Lebak Bulus Rusak karena Sumur Resapan” disunting menjadi “warga DKI bingung dengan hasil kinerja Anies Baswedan yang selalu dapat penghargaan”, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Tag: anies baswedan gubernur dki jakarta

Bagikan: