Beredar Foto Anggota GP Ansor Beribadah di Gereja, 'Ngapain Doa di Tempat Ibadah Orang Lain', Cek Faktanya..

| 01 Jan 2022 08:27
Beredar Foto Anggota GP Ansor Beribadah di Gereja, 'Ngapain Doa di Tempat Ibadah Orang Lain', Cek Faktanya..
Hoaks anggota Ansor ibadah di Gereja.(Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Beredar sebuah foto di media sosial yang diklaim anggota Ansor sedang beribadah di Gereja.

Foto itu diposting oleh akun Facebook Fahrur Roji Syafii yang mengunggah foto hasil tangkapan layar unggahan akun Facebook Jarwo pada grup “Ngaji Kyai NU” yang berisi foto para anggota GP Ansor beribadah di Gereja. Ia mengunggah foto tersebut pada 28 Desember 2021.

Narasi dalam foto:

Kalo kalian punya tempat ibadah sendiri, ngapain do’a di tempat ibadah orang lain.”

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, foto itu adalah hasil penyuntingan dari foto kegiatan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor (MDS RA) PAC Benjeng Gresik di Masjid Al Muttaqin Batara pada 06 September 2020.

Melalui situs NU Gresik, Ketua GP Ansor Gresik Abdul Rokhi dengan tegas menyatakan foto yang beredar di masyarakat itu adalah hoaks dan akan melacak oknum yang sengaja membuat postingan palsu tersebut.

“Ini fitnah yang keji dan ada upaya mengadu domba, kegiatan itu berada di masjid, kami sudah intruksikan kepada sahabat-sahabat Cyber PC Ansor Gresik untuk melacak oknum pemilik akun yang sengaja membuat postingan tidak bertanggungjawab tersebut,” tegas Abdul.

Selain itu, akun Instagram Generasi Muda NU Official juga turut mengonfirmasi hoaks yang sama melalui unggahannya pada 27 Desember 2021.

Sebagai tambahan, dalam artikel pada situs PAC GP Ansor Benjeng berjudul “Perum Batara Menjadi Sasaran Prioritas Kajian ASWAJA Rijalul Ansor Benjeng” disebutkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk melakukan penguatan akidah di kalangan generasi muda dan kelompok Nahdatul Ulama.

Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Facebook Fahrur Roji Syafii dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi.

Rekomendasi