Ustaz Khalid Basalamah Sebut Pajak Haram dan Dosa Besa, Netizen: Keluar dari NKRI Aja

| 23 Feb 2022 12:12
Ustaz Khalid Basalamah Sebut Pajak Haram dan Dosa Besa, Netizen: Keluar dari NKRI Aja
Ustaz Khalid Basalamah (Instagram)

ERA.id - Ustaz Khalid Basalamah baru-baru ini kembali menggegerkan publik lantaran menyebut pajak negara haram.

Video ustaz Khalid Basalamah menyebut sebagian ulama mengharamkan pajak viral usai diunggah akun Twitter RonaldLampard8.

Dalam cuitan Twitter akun tersebut menuliskan narasi ‘Pajak Negara Dianggap Haram oleh Ustadz Khalid Basalamah, Waduh!,’. Dalam video yang beredar, Ustaz Khalid Basalamah menyebut pajak merupakan suatu yang bersifat paksaan dan merupakan bentuk kezaliman terhadap seseorang.

“Teman-teman sekalian, dalam Islam ini, tidak boleh mengambil sesuatu dengan cara paksa, zalim namanya,” ujar Ustaz Khalid, dikutip dari cuitan Twitter @RonaldLampard8, Selasa (22/2/2022).

Ustaz Khalid Basalamah juga menyebut bahwa pajak termasuk ke dalam salah satu dosa besar.

"Nanti dalam bahasan dosa besar kita ada yang namanya maks. Maks itu pajak, entah itu pajak yang diambil dari masyarakat secara paksa atau pajak dari bea cukai,” katanya.

Ustaz Khalid Basalamah bahkan menanyakan kepada jamaah apa yang akan dipilih antara bayar pajak atau tidak.

“Pajak ini kalau kita bicara apa adanya, realitasnya kalau kita tanya setiap warga misalnya, disuruh pilih bayar pajak atau tidak, kira-kira apa yang dipilih, tidak kan? Kalau orang bayar pajak itu dipaksa, ini tidak boleh mengambil harta seorang muslim secara paksa, ini sebabnya sebagian besar ulama mengharamkan, tidak boleh,” tegasnya.

Lebih lanjut, menurut Ustadz Khalid Basalamah pajak yang diperbolehkan sebagaimana yang pernah dilakukan Nabi Muhammad SAW. dengan mengumumkan sumbangan secara sukarela.

Pernyataan Khalid Basalamah tersebut menuai kritikan netizen. Mereka banyak yang tidak sepakat dengan pernyataan pendakwah asal Sulawesi Selatan itu.

"Punya bisnis seabreq, ya harus ada pajaknya !!" kata akun DimasLagie.

“Ini sudah PROVOKASI MELAWAN NEGARA… Kalau gak mau bayar pajak, MINGGAT DARI NKRI !!.. Tapi bagusnya DICIDUK DULU !!!..” tulis akun @TukangKebon.

"Keluar dari NKRI aja. Bikin gaduh," komentar Hanzen.

Kami juga pernah menulis soal Sandy Tumiwa Diserang Netizen Gegara Laporkan Khalid Basalamah ke Polisi: Cie..Sepi Job Nyari Kesalahan Orang.. Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi