Cek Fakta: 'Petinggi FPI Berkurang Lagi', Munarman Dikabarkan Meninggal Dunia

| 25 Feb 2022 07:05
Cek Fakta: 'Petinggi FPI Berkurang Lagi', Munarman Dikabarkan Meninggal Dunia
Munarman tiba di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 27 April 2021. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Beredar kabar yang menyebut bahwa eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI), Munarman meninggal dunia. Informasi itu diunggah oleh akun YouTube Dunia Berita.

Akun tersebut membagikan video dengan judul dan thumbnail yang menyatakan Munarman meninggal dunia. Dalam thumbnail juga disertakan gambar seorang yang meninggal di rumah sakit.

NARASI:

MASYA ALLAH…!! INNALILAHI WA INNAILAIHI ROJIUN TANGIS KELUARGA MUNARMAN TAK TERBENDUNG

BERITA VIRAL ~ Munarman dijemput Allah, petinggi FP1 berkurang lagi

#BERITATERKINI #BERITAHARIINITERBARU #BERITAINDONESIAHARIINI

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, dilansir laman turnbackhoax.id, baik gambar maupun judul video tidak sesuai dengan isi video. Video yang berdurasi 8 menit tersebut memberitakan kondisi Munarman yang sedang sakit saat mendekam di penjara, hal ini disampaikan langsung oleh kuasa hukumnya, Aziz Yanuar.

Narasi dalam video mirip dengan artikel dari website wartaekonomi.co.id dengan judul artikel “Ya Allah Ada Kabar Buruk dari Munarman FPI, Mohon Doanya”, diterbitkan pada 11 Februari 2022. Keseluruhan artikel juga menceritakan bahwa Munarman sedang sakit, namun Aziz memastikan bahwa kliennya tersebut masih baik-baik saja.

Berita terbaru mengenai Eks Petinggi FP1, Munarman, masih menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur atas dugaan tindak pidana terorisme.

Lebih lanjut, foto dalam thumbnail adalah foto dari korban kecelakaan motor yang tertabrak truk di daerah Bojonegoro, Jawa Timur.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Munarman telah meninggal dunia adalah tidak benar dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

Rekomendasi