Sosok Donny Rahajoe, Bos Sinar Mas Land Calon Wakil Kepala IKN Nusantara

| 10 Mar 2022 12:32
Sosok Donny Rahajoe, Bos Sinar Mas Land Calon Wakil Kepala IKN Nusantara
Dhony Rahajoe (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menunjuk Dhony Rahajoe menjadi Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dhony Rahajoeakan mendampingi Bambang Susantono yang ditunjuk sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara.

Rencananya, Jokowi akan melantik Kepala dan Wakil Otorita IKN Nusantara di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (10/3/2022) pada pukul 15:00 WIB.

Dihimpun dari berbagai sumber, Dhony merupakan sosok yang terkenal di dunia properti dan pengembang. Dia saat ini tercatat menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Sama seperti Bambang Susantono, Dhony juga tercatat sebagai alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dari Fakultas Arsitekur.

Dhony juga diketahui beberapa kali bertemu Jokowi dan jajaran pemerintah di tengah proyek pembangunan IKN. Pertemuan itu terjadi saat jajaran pemerintah termasuk Jokowi berkunjung ke kawasan Green Office Park, BSD City yang dikelola Sinar Mas Land pada akhir tahun lalu.

Kunjungan kerja tersebut diadakan dalam rangka melihat progres pembangunan pusat pertumbuhan baru berskala kota oleh pihak swasta dalam hal ini Sinar Mas Land melalui salah satu proyeknya yakni BSD City mengenai penerapan konsep kawasan dan bangunan hijau serta transformasi menuju smart city.

Jokowi disebut sangat tertarik dengan penerapan konsep green district, green building, dan green office serta mall tanpa dinding The Breeze yang berada di kawasan BSD Green Office Park. Konsep serupa rencananya juga akan diterapkan di IKN Nusantara.

Dalam pertemuan itu, Dhony selaku Managing Director President Office Sinar Mas Land sempat menjelaskan kepada rombongan Jokowi terkait pengembangan kawasan BSD City melalui layar multimedia dan maket kota.

"Sinar Mas Land tidak hanya membangun gedung dan rumah saja, tetapi juga membangun kawasan hunian yang ideal serta infrastruktur yang lengkap dengan memadukan solusi atas adanya perubahan iklim melalui pembangunan yang rendah karbon dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mengakomodasi kebutuhan para penghuninya di masa sekarang dan mendatang," kata Dhony saat menerima kunjungan pemerintah, dikutip dari laman resmi Sinar Mas Land.

"Semoga pengalaman kami dalam mengembangkan kawasan BSD City dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah untuk mengembangkan IKN," ucapnya.

Rekomendasi