Usai Resmi Jadi Kepala dan Wakil Otorita IKN, Puan Ingatkan Bambang dan Donny Tak Lupa Berkomunikasi dengan DPR

| 11 Mar 2022 17:35
Usai Resmi Jadi Kepala dan Wakil Otorita IKN, Puan Ingatkan Bambang dan Donny Tak Lupa Berkomunikasi dengan DPR
Puan Maharani (Antara)

ERA.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat kepada Bambang Susantono-Dhony Rahajoe yang telah dilantik sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dia menilai penunjukan Bambang-Dhony sudah tepat.

"Selamat atas pelantikan Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Keduanya memiliki rekam jejak yang baik," kata Puan melalui keterangannya, Jumat (11/3/2022).

Puan mengatakan, DPR menantikan kerja sama dengan Otorita IKN. Dia juga berharap setelah dilantik ke depannya Bambang-Dhony tetap terus berkomunikasi dengan parlemen dalam setiap perkembangan pembangunan IKN.

"Sebagai representasi rakyat, DPR punya kewajiban untuk mengetahui setiap detail pembangunan IKN agar dapat ikut mensosialisasikan perkembangan IKN kepada masyarakat sekaligus sebagai bentuk pengawasan," kata Puan.

Lebih lanjut, Puan berpesan supaya Bambang-Dhony dapat bekerja cepat mewujudkan IKN sebagai kota masa depan Indonesia dengan cepat. Dia juga mengingatkan agar pembangunan IKN harus dilakukan dengan adil, dan melindungi warga lokal serta ramah lingkungan.

"Kita berharap IKN Nusantara bisa merefleksikan kota Indonesia di masa depan, tapi jangan sampai pembangunannya merugikan rakyat setempat," katanya.

Politisi PDIP itu juga berpesan agar keduanya segera membentuk struktur organisasi sehingga pembangunan IKN Nusantara bisa semakin cepat dikerjakan. Sehingga pengelolaan pembangunan IKN berjalan optimal.

Puan juga mengingatkan Bambang-Dhony untuk dapat bekerja sama secara baik dengan kementerian-kementerian serta lembaga/instansi terkait yang sudah lebih dulu terlibat.

"Lakukan koordinasi yang efektif, termasuk dengan setiap pemangku kepentingan di Kalimantan Timur. Implementasikan semua rancangan proyek pembangunan IKN Nusantara sebaik-baiknya agar hasilnya tidak mengecewakan rakyat," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah melantik Bambang Susantono-Dhony Rahajoe sebagai kepala dan wakil kepala otorita IKN Nusantara pada Kamis (10/3).

Jokowi menyebut, penunjukan kedua orang tersebut merupakan kombinasi yang sangat baik. Hal itu tak terlepas dari rekam jejak keduanya yang dinilai mumpuni untuk memimpin ibu kota negara baru yang terletak di Kalimantan Timur.

"Kita tahu, baru saja telah kita lantik Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita dan Bapak Dhony Rahajow sebagai Wakil Kepala Otorita. Ini adalah menurut saya pilihan, kombinasi yang sangat baik," ujar Jokowi dikutip dari tayangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Sebagai informasi, Bambang merupakan mantan Wakil Menteri Perhubungan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia juga dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi.

Sementara Dhony terkenal di dunia properti dan pengembang. Dia saat ini tercatat menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Rekomendasi