Berita Duka Gus Nur Dijemput Ajal, Azab Allah Benar-benar Terjadi, Cek Faktanya

| 29 Mar 2022 15:23
Berita Duka Gus Nur Dijemput Ajal, Azab Allah Benar-benar Terjadi, Cek Faktanya
Gus Nur (tangkapan layar)

ERA.id - Beredar video di Youtube oleh akun bernama POLITIK INDONESIA.

Akun tersebut mengunggah video berdurasi 8 menit 1 detik menampilkan thumbnail video yang menyatakan bahwa Gus Nur meninggal dunia, disertai dengan gambar seseorang yang sedang menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Channel Youtube tersebut juga menyatakan narasi berupa:

NARASI:

SEMUA MEMAAFKAN MU

GUS NUR DIJEMPUT AJAL AZAB ALLAH BAGI PENGHINA AZAN BENAR2 TERJADI

BERITA VIRAL ~ azab Allah bagi penghina azan benar2 terjadi ~ BERITA TERBARU

#BERITATERKINI #BERITAHARIINITERBARU #BERITAINDONESIAHARIINI

Turnbackhoax.id

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Selasa (29/03/2022), Setelah dilakukan pengecekan keseluruhan video, diketahui bahwa isi video tidak memberitakan jika Gus Nur meninggal.

Ditemukan artikel yang sama persis dengan narasi video, dalam website belitongekspres.sumeks.co. Isi artikel memberitakan mengenai kontroversi penceramah kondang tersebut saat mempraktikkan azan disertai suara yang menirukan gonggongan anjing di sebuah channel YouTube. Lantas, video tersebut menjadi viral dan mendapat kritik dari netizen di Twitter.

Adapun kondisi Gus Nur sendiri masih sehatsehat. Dalam channel officialnya, “GUS NUR 13 OFFICIAL”, ia baru saja mengupload video terbarunya pada tanggal 25 Maret 2022, sedangkan pemberitaan bahwa Gus Nur meninggal diupload oleh channel POLITIK INDONESIA pada 7 Maret 2022.

Lebih lanjut, gambar seseorang yang sedang menjalani perawatan medis di rumah sakit, seperti dalam thumbnail, diambil dari berita detik.com terkait penembakan yang dilakukan oleh aktivis anti korupsi pada tahun 2015 silam.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim channel POLITIK INDONESIA adalah tidak benar dan termasuk kategori False Connection.

Rekomendasi