Artis Baim Wong Dikabarkan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Beruntun di Jombang, Cek Faktanya..

| 22 Mar 2022 12:15
Artis Baim Wong Dikabarkan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Beruntun di Jombang, Cek Faktanya..
Baim Wong. (Instagram/Baim Wong)

ERA.id - Beredar kabar yang menyebut bahwa artis sekaligus YouTuber, Baim Wong meninggal dunia akibat kecelakaan beruntun di Jombang.

Informasi itu pertama kali diunggah oleh akun Iman Maulana di grup Facebook Berita Viral.

Narasi tersebut juga mencantumkan tautan dari situs Realnews.my.id yang berjudul “Innalilahi Ya Allah… , Kabar Duka Dari Baim Wong, Mohon Do’anya Semoga Beliau Diterima Disisih Allah,Amin”.

Namun, setelah melakukan penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, hal tersebut tidak benar. Melalui akun Instagram pribadinya, Baim Wong pada tanggal 17 Maret 2022 masih mengunggah kegiatannya.

Selain itu, hingga saat ini tidak ada klarifikasi terkait klaim bahwa Baim Wong meninggal dunia.



Lalu Isi dari tautan yang dicantumkan pada narasi tersebut juga mengganti berita mengenai Ustad Abdul Somad/Ustad Adi Hidayat menjadi Baim Wong. Artikel tersebut mengutip Turnbackhoax.id dengan narasi “Dari hasil penelusuran Turnbackhoax, video tersebut tidak berisi berita bahwa Baim Wong meninggal dunia, melainkan menceritakan pengalamannya ketika terpapar Covid-19 beberapa waktu yang lalu".

Ketika dilakukan pencarian narasi tersebut terdapat dalam sebuah artikel bantahan dengan judul “[SALAH] Video “VIRAL TERBARU HARI INI ~ KENA AZAB AKHIRNYA UAS BERPULANG SAAT INI?””.

Kemudian gambar yang menjadi thumbnail artikel tersebut merupakan foto kecelakaan beruntun di Jombang pada Sabtu 26 Januari 2019 yang menewaskan seorang warga dan tidak terkait sama sekali dengan Baim Wong.

Dilihat ERA.id pada Instagram pribadi Baim Wong, tidak ada informasi yang menyebut bahwa dirinya telah meninggal dunia. Bahkan ia memposting sebuah foto 14 jam lalu.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Iman Maulana tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Rekomendasi