Jutaan Orang Tandatangani Petisi untuk Bubarkan Banser, Benarkah?

Tim Editor

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (kanan) menyampaikan pengarahan kepada anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) (Antara)

ERA.id - Akun Facebook Miukyo Kyou pada 4 April 2022 pukul 01.56 memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel milik Viva. Artikel tersebut berjudul “JUTAAN Orang Tanda Tangani Petisi Bubarkan Banser”.

Akun tersebut juga menuliskan narasi dalam unggahannya:

"KALAU SAYA SIH, setuju pake banget, Gimana Kalian??"

Turnbackhoax.id



Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Jumat (8/4/2022),Setelah ditelusuri melalui website Viva dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 28 Maret 2022 pukul 11.00 WIB ditemukan artikel asli berjudul “Ribuan Orang Tanda Tangani Petisi Bubarkan Banser”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar artikel kemudian terdapat nama Hardani Triyoga dan Aries Setiawan. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel Viva telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Ribuan Orang Tanda Tangani Petisi Bubarkan Banser” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Tag: Banser Cek faktanya

Bagikan: