Bandingkan dengan Turki, Rizal Ramli: Erdogan Bisa Jadi Mediator Rusia-Ukraina, Indonesia Pemimpin Non Blok Kenapa Dianggap Tak Penting?

| 21 Apr 2022 07:48
Bandingkan dengan Turki, Rizal Ramli: Erdogan Bisa Jadi Mediator Rusia-Ukraina, Indonesia Pemimpin Non Blok Kenapa Dianggap Tak Penting?
Rizal Ramli (Antara)

ERA.id - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyindir Presiden Joko Widodo terkait dengan tekanan dari negara-negara barat lantaran rencana Rusia yang akan hadir dalam pertemuan G20.

Rizal Ramli pun membandingkan Indonesia dengan Turki. Menurutnya, Presiden Turki Erdogan bisa berhasil menjadi mediator konflik antara Rusia Ukraina.

Sementara, Indonesia yang merupakan negara demokrasi terbesar ketiga serta negara Islam Terbesar dan juga pemimpin Non Blok, seharusnya dianggap penting.

"Mati gaya terjadi jika kurang PD secara gepolitik, kurang kreatif dan kurang bobot. Turkey, dipimpin Erdogan, eh malah bisa jadi mediator Rusia - Ukrania. RI negara demokrasi no3, Islam Terbesar, Pemimpin NonBlock  harusnya RI penting. Kenapa ndak ya ?" jelas Rizal Ramli melalui akun Twitternya pada Selasa (19/4/2022). 

Seperti diketahui, Indonesia saat ini menghadapi tekanan terkait rencana kedatangan Rusia ke Indonesia dalam acara G20.

Tekanan tersebut diberikan oleh negara barat di antaranya, Amerika Serikat, Australia dan Kanada.

Rekomendasi