Menteri Yaqut Sebut Polisi Bakal Jaga Masjid Saat Tarawih untuk Cegah Radikalisme, Benarkah?

| 22 Apr 2022 08:34
Menteri Yaqut Sebut Polisi Bakal Jaga Masjid Saat Tarawih untuk Cegah Radikalisme, Benarkah?
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Antara)

ERA.id - Akun Facebook Badai Kelabu mengunggah tangkapan layar berita merdeka.com berjudul “Menteri Yaqut: Minta polisi jaga masjid saat tarawih untuk cegah radikalisme”. Unggahan yang diunggah pada 3 April 2022 telah mendapat atensi berupa 6 reaksi dan 5 komentar.

Akun tersebut juga menulis Narasi:

“Allah hu akbar… Kenapa sih sebegitu benci nya terhadap kaum Muslim.. ya karimmm…. Segera turunkan azab mu ya Robb terhadap mereka mereka yg membenci Kami Kaum Muslimin….. Istajibbb Ya Robb….”

Turnbackhoax.id

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Jumat (22/4/2022), tangkapan layar tersebut adalah hoaks. Pihak merdeka.com mengklarifikasi tidak ada berita dengan judul seperti yang tertera dalam unggahan Facebook itu. Selain itu, ditemukan foto serupa pada artikel berita merdeka.com berjudul “Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Sambangi KPK” terbit pada 3 Maret 2021.

Kementerian Agama RI juga menerbitkan foto yang sama dengan tangkapan layar palsu dalam pers rilis “Tren Kasus Covid Turun, Menag Yaqut Minta Disiplin 5M Terus Diperkuat” pada 3 Maret 2021.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Badai Kelabu dikategorikan sebagai Konten Palsu.

Rekomendasi