Pertemuan Trump-Kim di SIngapura Habiskan Rp38 Miliar

Tim Editor

Perdana Menteri Lee Hsien Loong (ST PHOTO: GAVIN FOO)

Singapura, era.id - Singapura menjadi tuan rumah dari pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Pertemuan penting itu akan digelar di hotel bintang lima Capella di Pulau Sentosa, Selasa (12/6).

Dilansir dari The Strait Times, Senin (11/6/2018), Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, mengatakan anggaran untuk pertemuan bersejarah itu mencapai 20 juta dolar AS atau setara Rp38 miliar. 

"Ini adalah biaya yang kami bayarkan," kata Lee saat mengunjungi media center Internasional, Minggu (10/6).

Lee menjelaskan, biaya tersebut meliputi tingkat keamanan super tinggi yang diperlukan terkait profil dari para peserta KTT itu. Menurutnya biaya yang diperlukan sepadan untuk memastikan segala persyaratan operasional pertemuan dua pemimpin negara itu.

"Jadi ini adalah operasi yang sangat besar, karena ini adalah pertemuan profil tinggi dan kami tidak bisa melakukan kesalahan," ucap Lee. 

"Jika Anda menghitung harga segala sesuatu di dunia ini, Anda akan kehilangan hal-hal penting yang nyata. Dan dalam hal ini yang penting adalah bahwa KTT diadakan, dan kita menjadi tuan rumah, tidak secara berlebihan tetapi dengan pertimbangan untuk biaya, tetapi memastikan persyaratan operasional terpenuhi," jelasnya.

Nah kalau dirinci, seluruh biaya yang dikeluarkan oleh Singapura mulai dari memfasilitasi 2.500 jurnalis internasional di Media Center F1 Pit Building yang mencapai 5 juta dolar AS. Kemudian 7,5 juta dolar AS untuk biaya pengamanan dari darat, laut dan udara selama pertemuan KTT.

"Perlindungan serba guna dan perlindungan mendalam, udara, laut, darat, melawan serangan dan melawan kecelakaan," ucap Lee.

Ditambahkan Lee, pertemuan Trump dengan Kim Jong Un akan menjadi nilai tambah bagi Singapura, baik dalam hal reputasi maupun hubungan Internasional. 

"Saya pikir orang akan duduk dan berkata, mengapa pertemuan ini terjadi di Singapura, dan mereka akan menarik kesimpulan mereka, dan mereka akan melihat bagaimana hal-hal berjalan. Dan saya yakin bahwa kami akan dapat menunjukkan apa yang bisa dilakukan Singapura, jadi saya pikir ini nilai tambah untuk Singapura," tutupnya.

Baca Juga: Di Singapura, Kim Jong-un Ditempel Ketat Pengawalnya



Nilai anggaran yang fantastis

Singapura telah berbenah matang-matang soal menyiapkan pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Terbukti total anggaran yang dipersiapkan mencapai 20 juta dolar AS.

Dihimpun dari berbagai sumber, perkiraan biaya yang harus dikeluarkan suatu negara untuk mengadakan berkisar USD20 juta hingga ratusan juta dollar. Sebut saja biaya KTT G8 di Kanada di tahun 2010 berkisar hingga 290 juta dolar AS.

Nah menariknya, biaya KTT Trump dengan Kim Jong Un ini kemungkinan akan sama dengan biaya yang dikeluarkan Inggris untuk KTT G20 di tahun 2009, yang mencapai 20 juta dolar AS. Bahkan ternyata biaya itu tak lebih dari tagihan Singapura jadi tuan rumah perlombaan balapan F1 tiap tahunnya yang mencapai 150 juta dolar AS.

Berhubung sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri 1439, era.id akan sedikit memperkirakan biaya pertemuan Trump-Kim Jong Un dalam satuan nominal rupiah yang ditaksi sekitar Rp38 miliar. 

Wah dengan duit sebanyak itu kalau buat beli ketupat kira-kira dapat 186.660.000. Dan 1.400.000 Kg rendang daging, walah cukup nih buat lebaran sampai kenyang.

Tag: pertemuan trump-kim jong un singapura donald trump

Bagikan: