PDIP Akan Berangkatkan Gratis 8.829 Pemudik Besok

| 11 Jun 2018 21:42
PDIP Akan Berangkatkan Gratis 8.829 Pemudik Besok
Ilustrasi mudik (Foto: Tsa Tsia/era.id)
Jakarta, era.id - Setelah membuka seluas-luasnya pendaftaran pada masyarakat umum, DPP PDI Perjuangan (PDIP) siap memberangkatkan 8.829 peserta mudik bareng gratis, besok, Selasa (12/6).

Mengambil tempat di Sekretariat DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pelepasan akan dilakukan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

“Mudik adalah momen gembira bagi siapapun yang melakukannya, karena pemudik segera berjumpa sanak saudara di kampung halaman saat Hari Raya Lebaran. Karenanya, kita juga ingin melepas delapan ribu lebih pemudik ini dengan penuh kegembiraan,” kata Puan yang juga menjabat Ketua DPP PDIP nonaktif di Jakarta, Senin (11/6/).

Puan mengapresiasi kegiatan mudik bareng gratis yang konsisten dilakukan PDI Perjuangan sejak 2003. “Saya dengar setiap tahunnya jumlah pemudik terus bertambah. Artinya, kegiatan ini semakin baik karena semakin bermanfaat bagi lebih banyak orang,” kata Puan.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, menjelaskan jumlah peserta mudik bareng gratis naik dari 5.800 peserta pada 2017 lalu, menjadi 8.829 peserta pada tahun ini. “Kenaikannya luar biasa, tiga ribuan peserta. Artinya, 50 persen lebih,” ujar Hasto.

Hasto mengatakan, mudik bareng gratis ini adalah wujud komitmen kerakyatan PDIP yang akan terus dilakukan setiap musim Lebaran. “Dalam tradisi mudik inilah nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, persatuan dan gotong-royong dapat kita wujudkan bersama-sama,” ujarnya.

Ketua Panitia Mudik Bareng Gratis PDIP 2018, Utut Adianto, memaparkan 8.829 pemudik akan diantar menggunakan dua jenis moda transportasi, yakni 8.104 pemudik menggunakan bus dan 725 pemudik menggunakan kereta api. “Yang menggunakan bus berangkat dari Lenteng Agung, sedangkan yang menggunakan KA berangkat dari Stasiun Senen,” jelas Utut.

Wasekjen DPP PDIP ini memaparkan, pemudik bus akan diantar dengan 143 armada menuju Jawa Tengah, Jawa Barat (Kota Cirebon), Jawa Timur dan Yogyakarta. Sementara pemudik KA diantar menuju Stasiun Surabaya, Malang, Yogyakarta dan Semarang. “Semua berangkat pada hari yang sama Selasa 12 Juni, namun dengan jam keberangkatan yang berbeda-beda,” jelasnya.

Rekomendasi