Kirab Solo Menari 2022: Sandiaga Uno, Gibran, dan Jan Ethes Berkostum Wayang Naik Kuda ke Balai Kota

| 30 Apr 2022 07:17
Kirab Solo Menari 2022: Sandiaga Uno, Gibran, dan Jan Ethes Berkostum Wayang Naik Kuda ke Balai Kota
Dok. Amalia Putri/era.id

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Sri Narendra memeriahkan kirab Solo Menari 2022.

Kirab ini merupakan penutupan rangkaian peringatan Solo Menari 2022. Kirab dimulai dari Hotel Royal Heritage dan berakhir di halaman Balai Kota Surakarta.

Selain Sandiaga Uno dan Jan Ethes, kirab juga disemarakkan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Adipati Mangkunegara X dan Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Purboyo.

Sesampainya di halaman Balai Kota Solo, kirab diakhiri dengan pertunjukan tarian yang membawakan cerita Banjaran Parikesit dengan lakon Parikesit Jumeneng Noto. Tarian ini menceritakan kelahiran, masa remaja, mencari ilmu dan keberhasilan parikesit dalam mendapat ilmu.

Peringatan Solo Menari 2022 ini dilaksanakan di beberapa titik, di antaranya di lobi utama Solo Square Mall, rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, area Pasar Antik Ngarsopuro dan area parkir McDonald’s Slamet Riyadi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan hari tari sedunia yang jatuh pada 29 April.

Dalam sambutannya, Sandi berharap kegiatan ini bisa mempromosikan kota Solo untuk pengembangan budaya. Hal ini juga menjadi apresiasi dari para pelaku seni. ”Ada strategi inovasi dan kolaborasi. Kita bangkitkan perekonomian Indonesia dengan membuka lapangan seluas-luasnya,” ucapnya.

Menurutnya pandemi COVID-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi Bangsa Indonesia. Saat ini semua pihak sudah berjuang selama dua tahun memerangi pandemi. Menurutnya saat ini pandemi sudah terkendali.

”Tapi kita tidak boleh lengah. Seluruh masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Rekomendasi