Ketua Porserosi DKI Ungkap Alasan Atlet Sepatu Roda Meluncur di Jalan Gatsu: Lokasi Latihan Masih Tutup

| 09 May 2022 15:03
Ketua Porserosi DKI Ungkap Alasan Atlet Sepatu Roda Meluncur di Jalan Gatsu: Lokasi Latihan Masih Tutup
Tangkapan layar sejumlah orang bermain sepatu roda di jalan raya Jakarta, Senin (9/5/2022). ANTARA/Instagram@arizapatria/dewa

ERA.id - Ketua Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Provinsi DKI Jakarta Muhammad Sal atau Ical, meminta maaf atas viralnya video rombongan sepatu roda meluncur di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Akibat aksi tersebut sejumlah pengguna jalan pun merasa terganggu.

"Saya mohon maaf kepada semua pihak," kata Ical dalam keterangannya, Senin (9/5/2022).

Ical mengungkapkan, rombongan tersebut merupakan atlet sepatu roda yang sedang berlatih untuk mempersiapkan kejuaraan nasional atau kejurnas Piala Ibu Negara (PIN) yang rencananya akan digelar pada bulan Juli, dan pelatihan nasional (pelatnas) Asian Games 2022.

"Kenapa di jalan raya, para atlet melakukan tes fisik dan kemampuan," kata Ical.

Selain itu, lokasi latihan olahraga sepatu roda di Sunter, Jakarta Utara saat ini sedang ditutup dan baru buka pada hari ini, 9 Mei 2022.

"Ini kan baru habis libur Lebaran dan atlet harus tetap menjaga stamina dan fisik agar tidak kendor," kata Ical.

Lebih lanjut, Ical menegaskan bahwa para atlet sepatu roda yang meluncur di jalan raya murni untuk kepentingan latihan. Mengingat ada sejumlah kejuaran bergengsi yang akan diikuti.

"Dari 12 atlet pelatnas, 8 orang dari DKI. Jadi mereka bukan gagah-gagahan di jalan raya tapi untuk memacu fisik," kata Ical.

Sebelumnya, akun Twitter @pativ7 mengunggah video yang memperlihatkan rombongan pemain sepatu yang tengah meluncur di jalanan Jakarta, tepatnya di kawasan Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta. Menurutnya, dalam rombongan itu juga ada pesepatu roda yang berusia anak-anak.

Unggahan video tersebut kemudian dikomentari oleh akun Twitter @mazzini_gsp dan melaporkannya langsung kepada Wagub DKI Jakarta Riza Patria.

"Pak Wagub @ArizaPatria mungkin bisa buat aturan baru buat kaum kelas menengah arogan supaya sepatu rodaan mereka gak ganggu pengguna jalan lain, membahayakan juga. Nanti kalau ketabrak ojol atau tukang starling yg lagi cari rejeki, mereka mara, orang kecil dituntut penjara lagi," cuit akun @mazzini_gsp.

Menggapi hal tersebut, Wakil Guberur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta rombongan pemain sepatu roda tidak arogan dengan menggunakan jalan raya sebagai area bermain.

Dia menegaskan, fasilitas umum (fasum) seharusnya digunakan sesuai dengan peruntukan dan ketentuannya. Riza menambahkan, Pemprov DKI sudah menyediakan sarana dan arena bagi komunitas sepatu roda untuk menyalurkan bakat serta hobinya.

Salah satu lokasi yang sudah disiapkan Pemprov DKI untuk para pesepatu roda yaitu Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA).

"Kami tindaklanjuti. Fasum harus sesuai peruntukan dan ketentuan. Sudah ada tempat bersepatu roda," tegas Riza.

Rekomendasi