Survei Indo Barometer, Djarot-Sihar Unggul di Pilkada Sumut

| 13 Jun 2018 09:47
Survei Indo Barometer, Djarot-Sihar Unggul di Pilkada Sumut
Ilustrasi (era.id)
Medan, era.id - Berdasarkan lembaga survei Indo Barometer, Pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus unggul sementara dalam Pilkada Sumatera Utara 2018.

"Ini hasil survei Indo Barometer terbaru, Djarot-Sihar unggul," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, Medan, Selasa (13/6/2018).

Dilansir Antara, survei Indo Barometer ini dilaksanakan pada 26 Mei hingga 2 Juni 2018 ini mengambil 800 sampel yang tersebar di 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Adapun teknik yang digunakan adalah wawancara tatap muka menggunakan kuisioner dan hasil survei dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang dari 3,46 persen.

Dari hasil survei ini, tingkat elektabilitas pasangan Djarot-Sihar unggul tipis 37,8 persen dibandingkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah yang memperoleh elektabilitas 36,9 persen. Sementara, masih ada 25,4 persen masyarakat yang belum menentukan siapa yang akan dipilih dalam pilkada tersebut.

Dari proses yang dilakukan Indo Barometer, kedua pasangan calon itu mengalami peningkatan elektabilitas dari hasil survei sebelumnya yang dilakukan oleh Indo Barometer pada Februari 2018 yang lalu.

"Dari hasil survei yang kita lakukan pada Februari lalu, Edy-Ijeck mengalami tren peningkatan dari 25,8 persen meningkat jadi 36,9 persen atau meningkat 11,1 persen," ungkap Qodari.

Sementara itu pasangan Djarot-Sihar yang tingkat elektabilitas sebelumnya 26 persen meningkat menjadi 37,8 persen atau mengalami peningkatan 11,8 persen.

Penentu kemenangan dalam Pilkada Sumatera Utara ini, disebut Qodari, akan ditentukan langsung melalui kerja-kerja yang dilakukan masing-masing pasangan calon di masa akhir kampanye.

"Jadi, siapa yang kampanye lebih intens di saat-saat terakhir, mungkin saja akan keluar menjadi pemenang pemilihan Gubernur Sumatera Utara," ujar Qodari.

Menurut catatan, pemilihan gubernur Sumatera Utara diikuti dua pasangan calon yakni pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (nomor urut 1) yang didukung PKS, PAN, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Hanura, dan Partai Gerindra.

Sedangkan nomor urut 2 adalah pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus yang didukung PDI Perjuangan dan PPP.

Rekomendasi