Tak Mau Kalah dengan sang Cucu, Megawati Ngaku Suka Nonton Drama Korea hingga Gemari BTS

| 11 May 2022 13:01
Tak Mau Kalah dengan sang Cucu, Megawati Ngaku Suka Nonton Drama Korea hingga Gemari BTS
Megawati berbincang dengan istri presiden Korsel Kim Kun-Hee di di Hotel Shilla, Kota Seoul, Selasa (10/5/2022) waktu setempat. ANTARA/HO-PDIP

ERA.id - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengapresiasi kreativitas Korea Selatan dalam mengembangkan kebudayaannya di era modern ini. Khususnya setelah melihat langsung ketenaran K-Pop yang mendunia.

Hal itu dia sampaikan ketika menerima gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA) Korea Selatan.

"Kebudayaan Korea telah membentuk bangsa ini sebagai bangsa pejuang, bangsa pelopor. Namun, juga bangsa yang kreatif. Kreativitas kebudayaan Korea dalam era modern ini terlihat dari tampilan K-Pop dan drama Korea," kata Megawati dikutip dari siaran langsung di kanal YouTube PDI Perjuangan, Rabu (11/5/2022).

Megawati lantas mengungkapkan ada satu fenomena Korean Wave yang cukup membekas diingatkannya, yaitu ketika seluruh dunia termasuk Indonesia tengah menggemari gerakan Gangnam Style.

"Dan saya masih ingat, ketika Gangnam Style tiba-tiba, mendadak begitu populer, termasuk di Indonesia," kata Megawati.

Lebih lanjut, Megawati menceritakan pengalamannya ketika bersinggungan dengan budaya K-Pop. Dia mengaku, sampai mengikuti sejumlah drama Korea hingga mendengarkan boyband asal Korea Selatan, BTS.

Hal ini lantaran cucu-cucunya merupakan penggemar BTS dan juga drama Korea.

"Saya bertanya kenal kok BTS yang katanya tampilannya luar biasa, dan saya memang juga sebagai seorang nenek juga tidak mau ketinggalan," kata Megawati.

Oleh karenanya, Megawati rela menonton drama Korea dan mendengarkan BTS supaya bisa berdialog dengan cucu-cucunya.

"Jadi saya juga harus mengikuti yang namanya K-Pop, drama Korea dengan BTS-nya supaya saya bisa berdialog dengan cucu-cucu saya sebagai bagian dari generasi penerus bangsa Indonesia," pungkasnya.

Rekomendasi