Sampah Jakarta Meningkat 4 Persen di Bulan Ramadan

| 13 Jun 2018 13:47
Sampah Jakarta Meningkat 4 Persen di Bulan Ramadan
Ilustrasi sampah (Foto: Pixabay)
Jakarta, era.id - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji menyebut terjadi peningkatan tonase sampah selama bulan Ramadan 2018. Peningkatan tersebut mencapai 4 persen atau seberat 289 ton.

Sebelum memasuki bulan Ramadan atau Januari-Mei 2018, rata-rata tonase sampah yang masuk ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang hingga 7.710 ton/hari. 

"Sedangkan selama bulan Ramadan yang masuk ke TPST Bantargebang adalah 7.999 ton/hari," ungkap Isnawa dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/6/2018).

Kata Isnawa, bertambahnya tonase tersebut disebabkan berubahnya pola konsumsi masyarakat lantaran terjadi peningkatan konsumsi sahur dan berbuka puasa.

"Jenis sampah yang meningkat kebanyakan berupa sampah rumah tangga, seperti sayur-mayur, buah-buahan, plastik serta pembungkus makanan lainnya," sebutnya.

Meski terjadi peningkatan, lanjut Dwimawan, tonase sampah akan kembali turun memasuki pekan pra dan pascalebaran.

"Penurunan ini terjadi karena dimulainya cuti bersama dan libur lebaran. Pada saat itu banyak warga Jakarta yang melakukan mudik," tuturnya.

Baca Juga: Cerita Zubaidi si Pemungut Sampah Bertemu Jokowi

Diperkirakan, puncak tonase penanganan sampah akan terjadi pada H+7, H+8, H+9 dan H+10 Lebaran menyusul kembali bertugasnya pemungut sampah pascamudik. Saat itu pula, tonase sampah akan kembali normal.

Rekomendasi