Presiden Jokowi Isyaratkan Bakal Mundur Lantaran Gagal Bayar Utang, Benarkah?

| 20 May 2022 17:05
Presiden Jokowi Isyaratkan Bakal Mundur Lantaran Gagal Bayar Utang, Benarkah?
Presiden Joko Widodo (Antara)

ERA.id - Akun Facebook MaryKusuma Rengganis II pada 9 Mei 2022 pukul 13.03 memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel milik Kompas.com. Artikel tersebut berjudul

Jokowi beri isyarat nempak nya akan mundur sehabis lebaran ini. Kegagalan membayar Utang dan kemarahan rakyat akibat kabinet nya gagal kelola negara adalag Faktor utama nya”.

Tangkapan layar Turnbackhoax.id

Setelah ditelusuri melalui website Kompas.com mengacu pada narasi pada tangkapan layar tidak ditemukan artikelnya. Namun ditemukan sebuah artikel yang berjudul “[HOAKS] Presiden Jokowi Mundur Sehabis Lebaran”.

Sedangkan foto pada tangkapan layar identik dengan foto postingan Twitter Jokowi pada 7 April 2022 yang mana merupakan foto saat Jokowi melepas ekspor komoditas pinang biji di pabrik CV Indokara, Kabupaten Muaro Jambi.

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Jumat (20/5/2022),  gambar tangkapan layar artikel yang mencatut Kompas tidak benar karena pada website Kompas.com tidak ditemukan artikel dengan narasi tersebut sedangkan foto yang digunakan merupakan foto Jokowi melepas ekspor komoditas pinang biji di pabrik CV Indokara, Kabupaten Muaro Jambi, sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

Rekomendasi