Membahas Bilboard 'Outside the Box' Agus Yudhoyono

| 18 Jun 2018 19:40
Membahas Bilboard 'Outside the Box' Agus Yudhoyono
Foto Bilboard Agus Yudhoyono (Foto dari Twitter @solehsolihun)
Jakarta, era.id - Foto yang diunggah Soleh Solihun di akun Twitternya, ramai dibahas warganet. Sebuah billboard dengan foto Ketua Kogasma Partai Demokrat, Agus Yudhoyono. Bukan lokasi atau foto yang jadi perbincangan, tapi isi caption billboard tersebut.

Tulisan yang ada di billboard "Anak Muda Bandung itu KREATIF dan Outside The Box". Di samping caption itu, terdapat foto besar anak sulung dari Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, seakan frasanya pernyataan Agus untuk pemuda-pemudi Bandung.

Kenapa ramai dibicarakan? Ungkapan 'outside the box' tidak terlalu lumrah di mata masyarakat Indonesia. Jamak kita mendengar 'think out of the box' untuk sesuatu hal yang terlihat kreatif atau penuh dengan inovasi. Jadi, maksudnya outside the box salah?

Makna think out of the box, secara harfiah artinya berpikir di luar dari kotak. Kenapa kotak? sederhananya kita hidup berada dalam kotak-kotak, kotak keluarga, kotak pertemanan, kotak pekerjaan dan lainnya. Dimaksudkan sebagai sebuah sistem yang kaku dan itu-itu saja. Motivasi ini memaksa kita untuk mampu berpikir berbeda dari biasanya serta pemikiran yang mengandung inovasi.

Nah, sekarang kenapa billboard tersebut ramai dibicarakan? Dilansir Farlex Dictionary of Idioms, ungkapan yang digunakan tidak dipadankan dengan kalimat 'think' di depan maupun di belakang. Hal ini mengaburkan makna sebenarnya atau kita sebut tujuannya belum jelas. 

Lanjut, out of the box atau outside the box merupakan frasa dengan makna yang sama, jadi tidak salah menggunakan outside the box, namun frasa ini sering kali dihindari karena terkesan tidak biasa dan tidak tradisional.

"Thinking outside the box"

"Thinking out of the box"

"Outside the box thinking"

"Out of the box thinking"

Mungkin yang jadi pertanyaan, isi billboard ditujukan buat anak muda Bandung atau cara berpikir anak muda Bandung? Soalnya kalimat sebelumnya sudah memuji anak muda Bandung yang kreatif. Tambahan 'outside the box' jadi terkesan pemborosan kalimat. 

 

Bantahan Demokrat

Partai Demokrat pun angkat bicara. Partai ini membantah kalau billboard itu merupakan pesanan mereka.

"Saya baru dapat penjelasan dari tim AHY terkait baliho tersebut, bahwa ternyata itu bukan baliho milik AHY atau timnya," ujar Kepala Divsi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean kepada era.id, Senin (18/6).

Demokrat akan menelusuri asal-usul pemilik billboard. Namun Ferdinand menyebut jika Agus Yudhoyono pernah melontarkan frasa "think outside the box" dalam suatu acara di Bandung, Jawa Barat.

"AHY dalam sebuah acara di Bandung pernah menyampaikan THINK OUTSIDE THE BOX dan bukan cuma outside the box. Jadi kami sampaikan sekali lagi, kami sedang menelusuri siapa pemilik baliho tersebut," tegas Ferdinand.

Rekomendasi