Masyarakat Diizinkan Berziarah ke Makam Eril Setelah Prosesi Pemakaman Usai

| 11 Jun 2022 14:47
Masyarakat Diizinkan Berziarah ke Makam Eril Setelah Prosesi Pemakaman Usai
Suasana di pemakaman Emeril Khan Mumtaz di Desa Cimaung, Kabupaten Bandung, Sabtu (11/6/2022). (Foto: Ilham/ERA.id)

ERA.id - Perwakilan pihak keluarga Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman mengungkapkan bahwa rencananya jenazah Emeril Khan Mumtaz atau Eril akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Minggu 12 Juni 2022 pukul 15.45 WIB.   

"Rencananya rombongan akan tiba ke Tanah Air pada Minggu sore," kata Erwin dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (11/6/2022).

Setelah tiba, rombongan akan langsung bertolak ke kediaman resmi Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Bandung. Diperkirakan tiba di Bandung sekitar malam hari.

Erwin juga menyebut pihak keluarga mempersilakan masyarakat untuk bertakziah, mendoakan serta menyalati jenazah Eril setelah acara inti dari keluarga selesai.

"Warga yang ingin mendoakan langsung, bertakziah itu dipersilahkan di Gedung Pakuan. Nanti akan diatur oleh tim kami di Pemprov Jabar untuk pengaturan selanjutnya," kata dia.

Rencananya Eril akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Kampung Beas, RT 01/RW05, Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Senin pagi (8/11).

Erwin menyebut bahwa proses pemakaman hanya diikuti oleh pihak keluarga inti, mengingat situasi dan kondisi di lokasi.

"Kami memfokuskan untuk khusus acara pemakaman ini utamanya adalah dari pihak keluarga. Kami mohon maaf apabila berkenan untuk yang sudah menyampaikan doa di pakuan itu tidak perlu ke pemakaman," tambah dia.

Meski begitu, masyarakat tetap diperbolehkan untuk berziarah setelah prosesi pemakaman selesai.

"Selesai acara pemakaman diperkirakan mungkin selesai sekitar tengah har, itu warga tetap diizinkan selanjutnya untuk apabila yang akan ingin berdoa atau berziarah kubur," pungkasnya.

Rekomendasi