Datang Melayat Eril, Ganjar Pranowo: Raut Muka Kesedihan Sangat Menusuk

| 13 Jun 2022 13:15
Datang Melayat Eril, Ganjar Pranowo: Raut Muka Kesedihan Sangat Menusuk
Ganjar Pranowo saat melayat Eril (instagram/ganjar_pranowo)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut menyampaikan bela sungkawa atas kepergian Emmeril Kahn Mumtadz, putra pertama Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. Ganjar datang melayat ke Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/6/2022).

Ganjar Pranowo yang didampingi oleh istri tercinta tiba di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat tiba sekitar pukul 21:32 WIB. Ia turut melaksanakan salat jenazah dan berbincang dengan Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita.

"Saya atas nama pribadi dan masyarakat Jawa Tengah turut berduka. Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Mudah-mudahan dosa almarhum diampuni dan seluruh amal ibadanya diterima Allah SWT," kata Ganjar Pranowo usai melayat Eril.

Pada kesempatan itu, Ganjar mengatakan bahwa ia juga menyampaikan duka cita yang mendalam dari warga Jawa Tengah secara langsung kepada Ridwan Kamil. Ganjar juga mengatakan ada raut kesedihan sekaligus keikhlasan dari Ridwan Kamil setelah menanti kepastian dari keberadaan jasad putranya.

Namun penantian Ridwan Kamil yang menanti kepastian itu berbuah manis. Jasad Eril berhasil ditemukan dan dibawa pulang ke Tanah Air untuk disemayamkan secara syariat Islam.

"Ada sesuatu yang terlihat di wajahnya sebuah kesedihan tapi sekaligus keikhlasan. Kang Emil sampaikan 'Mas Ganjar ada saatnya saya sangat berbahagia karena dua minggu suasana batin itu diaduk-aduk karena tidak pernah ada kepastian, apakah ananda tersayang akan bisa ditemukan," jelasnya.

Meski pun terlihat dan mengaku bahagia, Ganjar bisa merasakan bagaimana kesedihan yang sangat menusuk dan terlihat jelas dari raut wajah Ridwan Kamil.

"Beliau tadi sampaikan betapa bahagianya beliau ketika mendengar itu (jasad Eril ditemukan). Meski pun beliau berbahagia ada raut muka kesedihan yang sangat menusuk," katanya.

Gubernur Jawa Barat itu juga turut menceritakan bagaimana kondisi jenazah Eril yang ditemukan setelah 14 hari menghilang di Sungai Aare, Swiss kepada Ganjar. Begitu juga kebaikan-kebaikan Eril semasa hidup yang baru terungkap dan disampaikan secara langsung oleh masyarakat.

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz sendiri telah dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Cimaung, Bandung, Jawa Barat. Tubuh Eril disemayamkan tepat di samping masjid Al-Mumtadz, yang dirancang langsung oleh Ridwan Kamil.

Rekomendasi