Justin Trudeau Resmi Legalkan Ganja di Kanada

| 20 Jun 2018 17:03
Justin Trudeau Resmi Legalkan Ganja di Kanada
Ilustrasi (Pixabay)
Kanada, era.id - Pemerintah Kanada resmi melegalkan penggunaan ganja, hanya saja dengan tujuan rekreasi. Kok bisa?

Dilansir dari CBC News, tujuan rekreasi dilakukan agar anggota senat meloloskan UU yang diajukan pemerintah federal. Hasilnya UU legalisasi ganja untuk rekreasi ini unggul 52 suara dalam pemungutan suara di Senat Kanada.

"Kami baru saja menyaksikan pemungutan suara bersejarah bagi Kanada. Ini merupakan akhir dari berjalannya pelarangan selama 90 tahun," kata Senator Tony Dean, seperti dikutip era.id, Rabu (20/6/2018).

UU legalisasi ganja untuk rekreasi ini memiliki waktu 8-12 pekan, agar pemerintah kota menyiapkan aturah hukumnya. Jangka waktu itu, juga dimanfaatkan oleh industri dan kepolisian membuat kerangka hukum serta turunan peraturan yang baru.

 


Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyambut baik keputusan senat yang meloloskan UU legalisasi ganja untuk rekreasi. 

"Selama ini mudah bagi anak-anak kita bisa dapat ganja, dan juga mudah bagi kriminal untuk memperoleh keuntungan. Hari ini, kita mengubah hal itu," kicaunya di Twitter. 

"Rencana kami untuk melegalisasi dan mengatur ganja lolos di Senat," imbuhnya. 

Dia berpendapat, tindakan kriminal terkait ganja akan segera berakhir. Kanada juga dapat menangani pasar ganja ilegal yang nilainya mencapai 7 miliar dollar Kanada atau sekitar Rp73,7 triliun. 

Supaya kalian tahu, Kanada menjadi negara pertama di G7 yang melegalkan penggunaan ganja untuk tujuan rekreasi. Warga Kanada diperkirakan akan dapat membeli ganja dan minyak ganja yang diproduksi oleh produsen resmi pada pertengahan September 2018. 

Kendati demikian orang dewasa hanya diperbolehkan memiliki maksimal 30 gram ganja kering di ruang publik.
Rekomendasi