HUT Jakarta, Ancol Gratiskan Pengunjung

| 20 Jun 2018 17:38
HUT Jakarta, Ancol Gratiskan Pengunjung
Suasana di Pantai Ancol, Jakarta Utara. (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Kota Jakarta memasuki usia 491 pada 22 Juni. Manajemen Taman Impian Jaya Ancol memberikan hadiah kepada warga Jakarta dengan menggratiskan masuk Ancol pada Senin (25/6/2018).

Akses gratis ini khusus untuk tiket masuk orang dan diberlakukan selama satu hari mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Sementara, untuk kendaraan tetap membayar sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kami ingin menambah kemeriahan HUT Jakarta ke-491 dengan akses gratis selama satu hari kepada pengunjung Ancol dan menampilkan Kampung Budaya Betawi", ujar Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol, Paul Tehusijarana dalam rilis yang diterima era.id, Rabu (22/6/2018).

Selain untuk memeriahkan HUT Jakarta, tiket gratis ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Kampung Betawi yang telah diresmikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, Manajemen Ancol mendedikasikan area Pasar Seni menjadi Kampung Budaya Betawi. Di Kampung Budaya Betawi ini, pengunjung dapat bernostalgia nuansa Betawi tempo dulu dan tentunya dapat membeli oleh-oleh khas Jakarta, baik itu kuliner maupun cenderamata di gerai OK OCE Smart.

Selain itu, di kampung ini ada pula galeri yang memamerkan sejarah nama-nama Kelurahan dan Kecamatan yang berada di penjuru Ibu Kota, dikemas dalam wall of frame galeri North Art Space Pasar Seni.

Pengunjung juga dapat menikmati sejumlah acara di Kampung Betawi, antara lain Lenong Betawi, Gambang Keromong, Palang Pintu Betawi dan dekorasi rumah Betawi serta ondel-ondel sebagai spot foto-foto yang instagramable.

Tidak hanya memberikan tiket gratis. perayaan HUT ke-491 Kota Jakarta di Ancol juga dimeriahkan dengan acara talk show sejarah Betawi pada 22 Juni 2018, yang dilanjutkan Explore Ondel-Ondel dengan menampilkan parade yang diikuti lebih dari 100 orang, terdiri dari 50 ondel-ondel, musik tanjidor, Abang None yang menaiki delman, pengantin Betawi, penari Betawi, dan pencak silat.

Parade ditutup dengan aneka lomba antar ondel-ondel, seperti sepak bola ondel-ondel dan ondel-ondel memindahkan bola, serta flash mob tarian Betawi pada 23 Juni 2018. Rangkaian acara dilanjutkan dengan tribute Benyamin Sueb oleh grup band Biang Kerok di panggung terapung (floating stage), Pantai Lagoon Ancol.

"Kami berharap masyarakat Jakarta dan pengunjung dapat menikmati seluruh rangkaian acara yang diberikan dan menambah rasa cinta terhadap budaya asli Jakarta", kata Paul.

Tags : wisata
Rekomendasi