Beredar Kabar PKS Dibubarkan, 'Keputusan Bulat Jokowi Megejutkan Semua Pihak', Cek Faktanya

| 29 Jun 2022 07:43
Beredar Kabar PKS Dibubarkan, 'Keputusan Bulat Jokowi Megejutkan Semua Pihak', Cek Faktanya
Hoaks PKS dibubarkan. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Beredar informasi berupa video yang menyatakan bahwa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dibubarkan dan termasuk keputusan bulat Presiden Jokowi.

Postingan itu diunggah oleh akun YouTube bernama “BENTENG ISTANA”. Video berdurasi 8 menit 21 tersebut disertai dengan thumbnail yang menyatakan bahwa Partai PKS dibubarkan dan termasuk keputusan bulat Presiden Jokowi.

Narasi:

AKHIRNYA PARTAI PKS DIBUBARKAN

KEPUTUSAN BULAT JOKOWI MENGEJUTKAN SEMUA PIHAK

BERITA TERBARU ~ AKHIRNYA PARTAI PKS DIBUBARKAN, KEPUTUSAN BULAT JOKOWI KEJUTKAN SEMUA PIHAK ~ VIRAL

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, dilansir laman turnbackhoax.id, video yang telah ditonton sebanyak 22 ribu kali itu tidak sama sekali memberitakan bahwa Partai PKS dibubarkan.

Adapun isi video bersumber dari website bernama SEWORD, dengan judul artikel berita “Bubarkan PKS Seperti Halnya Soekarno Bubarkan Masyumi, Jika Tak Ingin NKRI Bubar”, dengan isi pembahasan yang sama persis.

Artikel tersebut menjelaskan mengenai Partai PKS yang termasuk golongan Islam garis keras dan berambisi menjadikan NKRI sebagai negara berideologi Khilafah Islamiyyah.

SEWORD juga mengatakan bahwa selama ini PKS melakukan hal-hal yang menunjukkan pelecehan terhadap simbol kedaulatan negara, seperti menginjak-injak bendera merah putih. Partai inipun disamakan dengan Partai Masyumi pada masa Presiden Soekarno.

Adapun pemberitaan mengenai PKS yang dibubarkan, tidak ditemukan berita resminya. Melansir dari website resmi PKS, saat ini masih aktif dalam kegiatan politiknya.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim akun “BENTENG ISTANA” adalah tidak benar dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

Rekomendasi