Karya Fenomenal Ahok, Beli Tanah Sendiri, Beli Bus Rongsokan, Cek Faktanya..

| 30 Jun 2022 08:05
Karya Fenomenal Ahok, Beli Tanah Sendiri, Beli Bus Rongsokan, Cek Faktanya..
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (Antara)

ERA.id - Akun Twitter dengan nama pengguna “ekowboy2” mengunggah sebuah beberapa foto bangkai bus TransJakarta.

Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto bangkai bus TransJakarta pada masa pemerintahan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Akun tersebut juga menuliskan narasi:

Karya fenomenal ahok, beli tanah sendiri, beli bus rongsokan

Maha benar ahok, anak Tuhan gak mungkin salah.. Bapak Politik Identitas!!

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Rabu (29/6/2022), berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto bangkai bus TransJakarta pada hasil pemerintahan Ahok. Foto pertama merupakan foto bangkai bus TransJakarta yang telah beroperasi sejak tahun 2004 di Terminal Pulogadung.

Adapun foto serupa dapat dilihat dalam artikel Liputan6 yang berjudul “FOTO: ‘Kuburan’ Bus Transjakarta Generasi Pertama” yang diunggah pada 8 Juli 2021.

Sedangkan, ketiga foto selanjutnya merupakan foto bangkai bus TransJakarta hasil pengadaan tahun 2013 di Dramaga, Bogor. Foto kedua dapat ditemukan dalam artikel Republika berjudul “Kuburan Transjakarta” yang diunggah pada 3 November 2020.

Foto ketiga dapat dilihat dalam artikel Republika berjudul “Ratusan ‘Bangkai’ Bus Transjakarta Hasil Tender 2013 Dibelah” yang diunggah pada 2 November 2020. Sedangkan, foto keempat dapat dilihat dalam artikel TribunNews Bogor berjudul “Gudang Penampungan Bangkai Bus Transjakarta di Dramaga Bogor Terbakar, 37 Bus Hangus” yang diunggah pada 13 November 2020.

Lebih lanjut, Ahok sendiri dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 19 November 2014, setelah sebelumnya menjabat sebagai Plt. Gubernur DKI Jakarta pada 1 Juni 2014, menyusul pencalonan Jokowi dalam Pemilihan Presiden 2014.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “ekowboy2” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Rekomendasi