Buka Cuma Bawa Misi Perdamaian, Jokowi Juga Bicara Soal Kerja Sama di Bidang Investasi dengan Rusia

| 01 Jul 2022 13:25
Buka Cuma Bawa Misi Perdamaian, Jokowi Juga Bicara Soal Kerja Sama di Bidang Investasi dengan Rusia
Presiden RI Joko Widodo (kiri) dalam konferensi pers bersama Presiden Rusia Vladimir Putin usai pertemuan kedua pemimpin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30-6-2022) waktu setempat. ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

ERA.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengaku banyak berbincang mengenai kerja sama Indonesia dan Rusia di berbagai bidang saat bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/6).

Sejumlah kerja sama yang dibicarakan yaitu kerja sama di bidang investasi, perdagangan, hingga turisme.

"Tadi kami berdiskusi panjang mengenai kerja sama antara Rusia dan Indonesia, baik di bidang investasi, di bidang perdagangan, maupun di bidang turisme," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Jumat (1/7/2022).

Menurut Jokowi, kerja sama di berbagai bidang itu akan segera ditindaklanjuti oleh kedua negara. Nantinya akan ada tim kecil untuk membahas kerja sama tersebut secara lebih mendalam.

"Akan kita tindaklanjuti dengan membentuk tim, agar bisa membahasnya secara detail," kata Jokowi.

Seperti diketahui, kunjungan Jokowi ke Rusia juga membawa misi perdamaian. Dalam pertemuan dengan Putin, Jokowi juga banyak mendiskusikan masalah kedamaian dunia.

Isu perdamaian dan kemanusiaan, kata Jokowi akan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia, sebagaimana yang diamanatkan dalam konstitusi.

Oleh karena itu, Jokowi bahkan menawarkan diri sebagai jembatan komunikasi antara Presiden Putin dan Presiden Zelensky.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin, dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," kata Jokowi.

Rekomendasi