Kenang Sosok Tjahjo Kumolo, Gibran Cerita Pernah Ketemu di Warung Soto: Kaget, Kok Ada Menteri Biasa Nyampur dengan yang Lain

| 01 Jul 2022 19:27
Kenang Sosok Tjahjo Kumolo, Gibran Cerita Pernah Ketemu di Warung Soto: Kaget, Kok Ada Menteri Biasa Nyampur dengan yang Lain
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Amalia/ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka turut berbela sungkawa atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo.

Gibran menceritakan bahwa Tjahjo merupakan sosok yang sederhana. Bahkan tak jarang dirinya bertemu dengan Tjahjo saat makan di warung soto yang sederhana.

"Sebelum saya masuk politik, pernah bertemu beliau di warung soto. Biasa nyampur dengan yang lain, kaget, kok ada menteri di warung soto" kata Gibran Jumat (1/7/2022).

Gibran mengungkap jika Tjahjo sering kulineran di kota Solo. Bahkan saat ada kegiatan di Solo atau menghadiri acara seminar, ia selalu berkunjung ke warung-warung kesukaannya.

"Beliau memang senang jajan. Jam istirahat kantor atau istirahat seminar, dia neng Bejo (Sate Kambing pak Bejo)," katanya.

Pertemuannya dengan Tjahjo terakhir di kota Solo saat menghadiri acara Musrenbang di Hotel Alila pada 23 Mei 2022 lalu. Gibran mengaku membicarakan banyak hal. Ia juga mendapat banyak arahan dari Tjahjo terkait penanganan kebijakan tenaga honorer.

"Misalnya beliau sempat ngasih arahan tentang tenaga honorer tahun depan bagaimana. Saya jawab sudah saya simulasikan. Anggarannya aman. Itu (obrolan) terakhir," katanya.

Menurut Gibran Tjahjo merupakan sosok yang luar biasa. Sebab memulai karirnya dari bawah. Bahkan terakhir menjadi tokoh politik senior di PDIP.

"Kalau (wejangan politik) saya masuk, beliau sudah nggak di partai. Tapi terkait kebijakan beliau yang terakhir untuk tenaga honorer, sangat mengubah dinamika di pemerintahan," katanya.

Rekomendasi