Mahfud MD: Jokowi Sudah Kantongi Nama MenPAN-RB Pengganti Tjahjo Kumolo

| 04 Jul 2022 12:09
Mahfud MD: Jokowi Sudah Kantongi Nama MenPAN-RB Pengganti Tjahjo Kumolo
Jokowi dan Iriana menyambangi rumah duku almarhum Tjahjo Kumolo, Sabtu silam (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)

ERA.id - Siapa sosok yang bakal mengisi kursi posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sepeninggal almarhum Tjahjo Kumolo, direspons Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Kemanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Kata Mahfud, Presiden Jokowi telah mengantongi nama pengganti Tjahjo di Kemenpan RB. Lantas kapan akan diumumkan? Kata Mahfud, segera, setelah masa berkabung selesai. "Menunggu lewatnya waktu bela sungkawa," kata Mahfud kepada wartawan, Senin (4/7/2022).

Mahfud mengatakan, Jokowi memiliki penilaian tersendiri untuk memilih dan menentukan siapa pengganti Tjahjo. Selaku kepala negara, Jokowi punya hak prerogatif untuk mengangkat dan memberhentikan seorang menteri.

Adapun saat ini posisi MenPAN-RB diisi oleh Mahfud selaku menteri Ad Interim. "Saya tak punya preferensi penilaian apa pun dan siapa pun untuk menjadi pengganti Pak Tjahjo Kumolo," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Syaiful Hidayat mengatakan, partainya masih berduka atas berpulangnya Tjahjo.

"(Soal pengganti Tjahjo) Itu adalah kewenangan dari Pak Jokowi. Tapi marilah kita berdoa agar Pak Tjahjo itu diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan," kata Djarot, Minggu (3/7/2022) kemarin.

Tjahjo pada Jumat (1/7/2022) silam meninggal dunia karena sakit di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta.

Rekomendasi